Di Bekasi Sekarang Ada Satgas Zero Plastik, Tugasnya Menekan Pemakaian Plastik Lewat Razia Rutin

Pemerintah Kota Bekasi membentuk Satuan Tugas Zero Plastik yang berfungsi untuk menekan penggunaan sampah plastik.

Di Bekasi Sekarang Ada Satgas Zero Plastik, Tugasnya Menekan Pemakaian Plastik Lewat Razia Rutin
Warta Kota/Muhammad Azzam
Satgas Zero Plastik di Bekasi. 

Pemerintah Kota Bekasi membentuk Satuan Tugas (Satgas) Zero Plastik, yang berfungsi untuk menekan penggunaan sampah plastik.

Satgas Zero Plastik ini terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Satpol PP, Humas, Dinas UMKM.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan Satgas itu mulai berjalan efektif pada 1 Oktober 2019 berdasarkan Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 37 Tahun 2019 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

Pemkot Bekasi Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Untuk awal, Tim Satgas ini baru beranggotakan lima orang terdiri dari 5 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Tim Satgas akan bekerja mulai Senin hingga Jumat.

"Untuk awal mereka akan berkeliling ke lingkungan Pemkot Bekasi dan kedepannya menyebar ke seluruh kantor instansi pemerintah, swasta, sekolah, hingga ke pusat perdagangan. Nanti tim akan terus ditambah jumlahnya," ujar Yayan kepada Wartakota, Rabu (2/10/2019).

Yayan menuturkan adapun tugas Tim Satgas Zero Plastik ini memastikan agar dilakukan pengurangan dalam penggunaan plastik.

Petugas mengumpulkan sampah plastik di lingkungan Pemkot Bekasi
Petugas mengumpulkan sampah plastik di lingkungan Pemkot Bekasi (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Pasalnya, persoalan sampah plastik ini menjadi masalah utama. Apalagi sampah plastik ini sulit terurai jika dibuang ke tempat pembuangan akhir.

"Awal-awal kita persuasif dengan berikan edukasi ke para ASN ini. Nanti juga kedepannya ke masyarakat hingga ke pelaku usaha. Nanti kita kan bersinergi dengan Disperindag dan Dinas UMKM," paparnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved