Unjuk Rasa Mahasiswa

Pemprov Banten Tegas Larang Siswa Gelar Demonstrasi ke Kawasan DPR RI

Pemprov Banten melalui Dinas Pendidikan secara tegas melarang para siswa SMA atau SMK ikut terlibat dalam unjuk rasa di sekitar Gedung DPR, Jakarta.

Pemprov Banten Tegas Larang Siswa Gelar Demonstrasi ke Kawasan DPR RI
Warta Kota/Luthfi Khairul Fikri
Puluhan pelajar kembali ditangkap saat hendak demo menuju Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di Mapolresta Metro Jakarta Utara, Selasa (1/10/2019). 

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan secara tegas melarang para siswa SMA atau SMK untuk ikut terlibat dalam unjuk rasa di sekitar Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Para siswa yang ikut terjun ke jalanan setelah para mahasiswa ini kemudian mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat hingga kementerian lantaran aksinya mendatangi lokasi demonstrasi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Ujang Rafiudin menjelaskan, larangan para siswa sudah disebarkan sejak tanggal 26 September 2019 lalu ke grup WhatsApp kepala sekolah se-Provinsi Banten.

"Tentu kita mencegah, melarang anak-anak sekolah ikut unjuk rasa," kata Ujang, Selasa (1/10/2019).

Ditambahkan Ujang, surat edaran yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat lebih dulu diterbitkan dibandingankan dengan instruksi menteri pendidikan yang keluar pada 29 September lalu.

 Sandiaga Uno Disorot Jurnalis Internasional Bertemu Pimpinan Anti Islam dan Imigran

 Peringatan G30S/PKI, Makam Ade Irma Suryani Terkunci Rapat

 FAKTA BARU, Tokoh Komunis Hapal A Quran Tewas Ditembak Tentara Ini Dapat Surat Wasiat Bung Karno

 NAJWA Shihab Meradang Disebut Antek Soeharto, Diserang Habis-habisan Foto dengan Tommy Viral

Selama berada di jam belajar, kata Ujang, kepala sekolah serta guru diminta untuk memberikan perhatian lebih agar tidak ada siswanya yang turun ke jalan untuk berdemonstrasi.

Sementara itu, pihak orang tua siswa juga diingatkan untuk menjaga anak-anaknya agar tidak ikut terlibat dalam aksi itu.

"Kemudian orang tua diimbau untuk mengawasi di luar jam belajar, di luar sekolah," bebernya.

Pada hari ini, Selasa (1/10/2019), unjuk rasa diperkirakan akan kembali digelar di sekitar gedung DPR RI bertepatan dengan pelantikan anggota DPR periode 2019-2024.

 Setelah Habisi Anak Kandungnya, Pria Ini Lukai Istrinya Karena Pergoki Perbuatannya

Aksi unjuk rasa yang sudah diadakan mulai tanggal 23 September lalu melibatkan mahasiswa, aktivis, hingga pelajar SMK serentak di sejumlah daerah di Indonesia.

Para demonstran menyuarakan berbagai tuntutan ke pemerintah maupun DPR, di antaranya adalah penerbitan Perppu KPK, pembatalan RKHUP, pengusutan kebakaran hutan dan lahan, dan penyelesaian konflik di Papua.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved