Gawat, 3 Negara Asia Tenggara Masih Target Terbesar Serangan Phising

Laporan terbaru yang dirilis Kaspersky menunjukkan bahwa wilayah Asia Tenggara masih menjadi target phishing bagi para pelaku kejahatan siber.

Gawat, 3 Negara Asia Tenggara Masih Target Terbesar Serangan Phising
Pixabay
Ilustrasi keamanan siber 

WARTA KOTA,PALMERAH--- Laporan terbaru yang dirilis Kaspersky menunjukkan bahwa wilayah Asia Tenggara masih menjadi target phishing bagi para pelaku kejahatan siber.

Berdasarkan laporannya, Kaspersky mendeteksi adanya 14 juta upaya phishing terhadap pengguna internet di kawasan tersebut selama paruh pertama tahun 2019.

Kaspersky mengungkapkan bahwa upaya yang mengarahkan penggunanya menuju situs web phising selama paruh pertama tahun 2019 tertinggi di tempati oleh negara Vietnam, Malaysia, dan Indonesia.

Diungkapkan juga, terdapat lebih dari 11 juta upaya gabungan yang terdeteksi dari tiga negara ini.

Selain itu, negara Thailand mencatat hampir 1,5 juta upaya terdeteksi sementara Filipina memiliki lebih dari satu juta insiden.

Ini Tanggapan OJK Terkait Keinginan Fintech P2P Bisa Beri Pinjaman Lebih dari Rp 2 Miliar

Sedangkan Singapura hanya mencatat sebanyak 351.510 upaya dari Januari hingga Juni tahun ini.

Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara Kaspersky, mengatakan, sangat mengkhawatirkan bahwa trik phishing masih sangat efektif dalam melakukan penipuan kepada para pengguna internet di Asia Tenggara.

“Perlu juga dicatat bahwa pelaku kejahatan siber dapat menggunakan strategi phishing email yang sama selama bertahun-tahun dan seseorang masih akan memberikan informasi pribadi mereka dengan sukarela atau mengklik tautan berbahaya tanpa disadari,” kata Yeo.

Di sisi lain, peringkat negara-negara di Asia Tenggara secara dinamis mengalami perubahan ketika berbicara tentang persentase pengguna yang terinfeksi oleh serangan phishing.

Dalam statistik phishing Kaspersky untuk paruh pertama tahun 2019, menunjukkan bahwa Filipina memiliki persentase korban phishing tertinggi yaitu 17,3 persen.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved