Berhari-hari Ada Unjuk Rasa, Begini Kata Pengusaha Ritel

Unjuk rasa yang terjadi di beberapa kota menjadi perhatian para peritel karena berimbas pada traffic atua kedatangan pengunjung dan penjualan.

Berhari-hari Ada Unjuk Rasa, Begini Kata Pengusaha Ritel
Warta Kota
Para mahasiswa memenuhi Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, di depan Gedung MPR/DPR/DPR RI, baik di jalan arteri maupun jalan tol dalam kota, Selasa (24/9/2019). Aksi mahasiswa tersebut menuntut dibatalkannya RUU KUHP dan beberapa RUU lainnya. Warta Kota/Alex Suban 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Unjuk rasa yang terjadi di beberapa kota menjadi perhatian para peritel.

Aksi unjuk rasa itu berimbas pada traffic atua kedatangan pengunjung dan penjualan perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor ritel.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyebut beberapa gerai ritel terdampak atas aksi tersebut, khususnya di Jakarta yang berimbas pada kerusuhan.

Tutum Rahanta, Wakil Ketua Umum Aprindo, mengatakan, pelanggan menghindari gerai-gerai ritel dan pusat perbelanjaan yang dekat dengan titik area demonstrasi.

Imbasnya selain kinerjanya tertekan, pengunjung yang sudah terlanjut datang juga terjebak dan tak bisa lantas pulang, kondisi ini merugikan bagi peritel yang tengah mengalami low season.

“Pusat perbelanjaan tetap buka, tetapi minimarket yang di jalanan langsung itu bisa tutup gerai. Mereka lihat perkembangan kalau tidak terganggu sebenarnya malah ramai karena pendemo butuh makan dan minum, tetapi juga takut potensi rusuhnya,” kata Tutum seperti dikutip Tutum, Selasa (1/10/2019).

Ada 4 Hal Penting sebelum Menggadaikan Barang

Tutum mengatakan, dampak yang paling besar menimpa peritel makanan siap saji karena penjualannya akan terganggu.

Sedangkan untuk segmen lain seperti fesyen dan lainnya kendati terganggu namun stok bisa dijual kembali hari berikutnya.

Hanya saja, sejauh ini ia belum bisa memperkirakan berapa kerugian yang menimpa peritel akibat aksi mahasiswa tersebut.

Kekisruhan yang saat ini terjadi juga akan mengganggu iklim investasi yang akan masuk ke Indonesia yang ujungnya akan mempengaruhi kinerja ritel.

Halaman
1234
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved