Kependudukan

2023 Diprediksi Penduduk Kota Bekasi Capai 3,7 Juta Jiwa karena Arus Urbanisasi

Perkembangan dan perubahan tata ruang karena proyek strategis nasional membuat pertumbuhan penduduk di Kota Bekasi meningkat.

2023 Diprediksi Penduduk Kota Bekasi Capai 3,7 Juta Jiwa karena Arus Urbanisasi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ilustrasi Kota Bekasi. Pertumbuhan penduduk di Kota Bekasi diprediksi mencapai 3,7 juta Jiwa pada tahun 2023. 

Pertumbuhan penduduk di Kota Bekasi diprediksi mencapai 3,7 juta jiwa pada tahun 2023.

Pada saat ini jumlah penduduk Kota Bekasi sebanyak 2,8 juta.

Kabid Pengendalian Ruang Dinas Tata Ruang (Disatru) Kota Bekasi Ashari mengatakan, perkembangan dan perubahan tata ruang di Kota Bekasi diduga memengaruhi terjadinya peningkatan jumlah penduduk.

"Maka diprediksi 2023 mendatang jumlah penduduk Kota Bekasi akan mencapai 3,7 juta jiwa," ujar Ashari, Minggu (29/9/2019).

Ashari menjelaskan, perkembangan dan perubahan tata ruang karena proyek strategis nasional membuat pertumbuhan penduduk di Kota Bekasi meningkat.

"Jadi peningkatan penduduk Kota Bekasi ini didominasi oleh arus urbanisasi karena perkembangan proyek strategis nasional," ucapnya.

Barbie Kumalasari Akui Jadi Terkenal Setelah Kasus Bau Ikan Asin

Berdasarkan data Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) saat ini jumlah penduduk Kota Bekasi sudah mencapai 2,8 juta jiwa.

Sedangkan, luas total wilayah yang ada hanya mencapai 210 kilometer persegi.

"Artinya, tiap kilometer dihuni sekitar 16.500 penduduk. Sudah sangat sempit sekali, pertumbuhannya sangat cepat akibat pembangunan masif," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan, faktor bertambahnya jumlah penduduk didominasi oleh arus urbanisasi, sedangkan angka kelahiran hanya berkisar 2 persen.

Berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta membuat Kota Bekasi menjadi tujuan warga untuk tinggal.

Selain itu Kota Bekasi menjadi salah satu wilayah yang besar dengan percepatan ekonomi, pembangunan maupun jumlah penduduknya yang terus meningkat.

Berapa Lama Produk Susu Tetap Baik Diminum Setelah Tanggal Kedaluwarsa?

7 Cara untuk Mempertahankan Tulang Kuat, Jangan Lupa Minum Susu !

"Atas kondisi ini tentu menuntut pemerintah agar mampu menyediakan sarana dan prasarana untuk kehidupan masyarakat," katanya.

Rahmat menambahkan, Pemkot Bekasi akan terus melakukan penataan permukiman, utilitas serta pembangunan akses jalan supaya penyebaran penduduk merata harus bersamaan.

"Secara wilayah dengan jumlah penduduk sudah padat dan sempit. Maka bagaimana caranya dengan wilayah yang ada kita tata dengan baik," kata Rahmat Effendi.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved