Pariwisata

Kemenpar Usulkan Festival Goyang Karawang Internasional Masuk Event Nasional

Kementerian Pariwisata akan mengusulkan Festival Goyang Karawang Internasional yang digelar di Karawang masuk dalam kalender 100 agenda pariwisata.

Kemenpar Usulkan Festival Goyang Karawang Internasional Masuk Event Nasional
Ali Khumaini
Panggung utama Festival Goyang Karawang Internasional, Sabtu (28/9/2019) 

Bidang Pemasaran Area Jawa Kementerian Pariwisata akan mengusulkan agar Festival Goyang Karawang Internasional yang digelar di Kabupaten Karawang, Jabar, masuk dalam kalender 100 agenda pariwisata nasional.

"Kegiatan Festival Goyang Karawang Internasional yang digelar pada 26-29 September sudah layak menjadi 'event nasional'," kata Kepala Bidang Pemasaran Area I (Jawa) Kementerian Pariwisata, Wawan Gunawan, di Karawang, Sabtu (28/9/2019).

Ia menilai kalau Festival Goyang Karawang Internasional 2019 ini cukup positif dalam memperkenalkan seni, budaya dan wisata lokal Karawang kepada wisatawan.

"Ada beberapa syarat event dimasukkan dalam kalender wisata Kemenpar. Di antaranya panggung pertunjukan yang megah, ada nilai pengembangan ekonomi, kreativitas, komunikasi yang baik, dan lain-lain," katanya.

Wawan menyampaikan kalau Kemenpar siap membantu Pemkab Karawang dalam mempromosikan event wisata di Karawang.

 Mujahid 212: Saatnya STM Berjuang Jaga NKRI

 Mahfud MD Ungkapkan Alasan Jokowi Akhitnya Mau Berubah Pikiran Terbitkan Perppu UU KPK

 BEM UI Tolak Undangan Pertemuan dengan Jokowi, Minta Aktivis Dibebaskan

Di antaranya dengan mengusulkan kepada Kurator Kemenpar Festival Goyang Karawang Internasional agar memasukan kalender event nasional.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyampaikan kalau Festival Goyang Karawang telah digelar dua kali selama dua tahun terakhir ini.

Tahun lalu pihaknya menggelar Festival Goyang Karawang tingkat nasional, dan pada tahun ini digelar Festival Goyang Karawang Internasional.

"Kami akan terus mengevaluasi agar kegiatan ini tetap bisa berlangsung pada tahun depan. Kami berkomitmen untuk mengembangkan seni, budaya dan wisata Karawang," katanya.

Festival Goyang Karawang Internasional itu sendiri diikuti 15 negara dan tujuh provinsi yang mewakili Indonesia.

 KPAI Sesalkan Banyak Anak-anak Diajak dalam Aksi Mujahid 212 di Monas

Ke-15 negara ini di antaranya Thailand, Laos, Australia, Vietnam, Malaysia, Singapura, Korea, Azerbaijan, Jepang, Negara Bagian California, Filipina, Meksiko, Madagaskar, Tiongkok dan Jerman.

Dalam kegiatan itu, masing-masing perwakilan negara menampilkan seni tari khas negaranya.

Adapula pemecahan rekor MURI kategori tarian Goyang Karawang secara massal. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved