Berita Video

VIDEO: Tiga Rumah Mewah di Lebak Bulus Dibongkar Petugas Karena Tak Punya IMB

Rumah berlantai dua yang dalam kondisi setengah jadi itu digempur petugas dengan menggunakan palu godam.

Warta Kota
Suasana pembongkaran rumah tinggal di Jalan Taman Sari 2 RT 01/03 Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (26/9/2019). 

Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Jakarta Selatan membongkar paksa tiga unit rumah seharga miliaran rupiah

Upaya pembongkaran paksa itu dilakukan jajaran Satpol PP Jakarta Selatan pada sebuah tiga unit rumah tinggal di Jalan Taman Sari 2 RT 01/03 Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (26/9/2019).

Rumah tinggal dalam komplek cluster mewah itu terlihat berdiri seragam dengan dua lantai. Pada tahap pertama, pihak Satpol PP Jakarta Selatan membongkar habis satu unit rumah tinggal yang diketahui tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Rumah berlantai dua yang dalam kondisi setengah jadi itu digempur petugas dengan menggunakan palu godam. Walau dibongkar secara manual, pembongkaran total itu hanya berlangsung sekitar dua jam.

Rumah berdinding bata dan berlantai beton yang semula berdiri megah kini rata dengan tanah. Rumah yang ditaksir senilai Rp 1,7 miliar itu kini hanya berupa puing bangunan.

Usai beristirahat sejenak, belasan orang juru bongkar Satpol PP Jakarta Selatan segera melakukan pembongkaran rumah kedua dan ketiga. Pada tahap ini, rumah diketahui menyalahi IMB dengan membangun ruangan melebihi luas bangunan yang tercantum dalam IMB.

Kedua rumah tersebut dibongkar pada bagian muka, seluas 4 x 6 meter persegi, mulai dari bagian atap, lantai dua hingga lantai dasar. Tak ayal, rumah terpotong dan menyisakan bangunan seluas 60 meter persegi.

"Dari tiga rumah yang di-rekomtek (Rekomendasi Teknis) Sudin Citata (Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan) Jakarta Selatan, rumah dua lantai yang dibangun oleh pengembang , satu rumah kita bongkar hingga rata dengan tanah karena tidak memiliki IMB," ungkap Luasman Manihuruk, Pelaksana Harian (Plh) Kasatpol PP Jakarta Selatan di sela-sela penertiban pada Kamis (24/9/2019).

Sedangkan dua unit rumah lainnya, lanjutnya dibongkar sebagian karena melanggar Garis Sepadan Bangunan (GSB) sekitar empat meter.

"IMB sudah ada, hanya saja pembangunan tidak sesuai rencana IMB, yakni pada bangunan bagian depan sekitar empat meter. Jadi yang kita bongkar sesuai petunjuk rekomtek Citata," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved