Penataan Trotoar

Pohon-pohon di Trotoar Jalan Sudirman Ganggu Kenyamanan Pejalan Kaki

Pertimbangan untuk merelokasi pohon juga ditekankan apabila pohon berpotensi merusak struktur trotoar atau fasilitas umum.

Pohon-pohon di Trotoar Jalan Sudirman Ganggu Kenyamanan Pejalan Kaki - trotoar-sudirman-1.jpg
Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana trotoar interaktif di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya depan Menara Mandiri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (26/9/2019). Berbeda dengan sisi trotoar interaktif lainnya yang lapang, sejumlah pohon pelindung di sisi trotoar tersebut terlihat ditanam terlalu rapat hingga mengganggu pejalan kaki yang melintas.
Pohon-pohon di Trotoar Jalan Sudirman Ganggu Kenyamanan Pejalan Kaki - trotoar-sudirman-2.jpg
Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana trotoar interaktif di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya depan Menara Summitmas, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (26/9/2019). Trotoar terlihat lapang dan tertata rapih.

Dinas Kehutanan dan Pertamanan DKI akan merelokasi pohon-pohon yang ditanam di trotoar di Jalan Jendral Sudirman, tepatnya di depan Menara Mandiri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Kepala Bidang Jalur Hijau Dinas Kehutanan DKI Jauhar mengatakan, kewenangan terkait penataan kawasan trotoar sebenarnya berada pada Pejabat Pembuat Komitmen Khusus Kegiatan Strategis Daerah (PPKKKSD) Dinas Bina Marga.

Akan tetapi, Dinas Perhutanan DKI bisa menangani urusan terkait pohon-pohon yang ada di trotoar.

VIDEO: Jejeran Pohon Depan Menara Mandiri Rusak Estetika Trotoar Interaktif Anies

Jejeran Pohon Depan Menara Mandiri Rusak Estetika Trotoar Interaktif Anies Baswedan

"Kewenangan penataan trotoar interaktif memang berada di PPK Khusus, itu karena pohon berada di trotoar. Selama ini kita belum dapat laporan, tapi apabila memang mengganggu dan berbahaya juga berpotensi merusak struktur trotoar pastinya akan kita relokasi," ungkapnya dihubungi pada Kamis (26/9/2019).

Jauhar mengatakan, dia akan menurunkan petugas untuk memeriksa kondisi lapangan.

Apabila dinilai memenuhi unsur kelayakan, bukan tak mungkin pohon-pohon di trotoar di Jalan Jendral Sudirman akan direlokasi.

Selain itu, pertimbangan untuk merelokasi pohon juga ditekankan apabila pohon berpotensi merusak struktur trotoar atau fasilitas umum.

"Kita akan lihat dulu, kalau memenuhi kelayakan, kita akan relokasi," ujarnya

Begini Nasib Trotoar di Kalimalang yang Viral Akibat Ada di Tengah Jalan

Tak Jadi Dibongkar, Ruang Kosong di Belakang Trotoar Jalan Kalimalang Bakal Dibangun Taman

Mengganggu Pejalan Kaki 

Mulus dan lapangnya trotoar interaktif yang terhampar mulai dari Tugu Pemuda, Jalan Jenderal Sudirman hingga Patung Kuda, Jalan MH Thamrin menjadi idaman para pejalan kaki saat ini.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved