Unjuk Rasa

KPAD Kota Bekasi Nilai Tidak Bijak Ikut Sertakan Pelajar Unjuk Rasa di DPR/MPR RI

"Jadi berdasarkan UU tersebut, maka tidak bijak membiarkan atau bahkan mengorganisir anak-anak pelajar utk turut serta dalam demonstrasi."

KPAD Kota Bekasi Nilai Tidak Bijak Ikut Sertakan Pelajar Unjuk Rasa di DPR/MPR RI
Warta Kota/Muhammad Azzam
Pelajar Bekasi yang diamankan petugas di Polres Metro Bekasi Kota saat hendak melakukan unjuk rasa di Gedung DPR/MPR, Rabu (25/9/2019). 

Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Bekasi menyatakan bahwa tidak bijak membiarkan atau bahkan mengorganisir pelajar untuk turut serta dalam unjuk rasa.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPAD Kota Bekasi, Aris Setiawan, saat memberikan keterangan kepada awak media, Kamis (26/9/2019).

Dia mengutip Pasal 15 ayat 4 Undang-undang 35 tahun 2014 tentang pengganti Undang-undang 23 tahun 2002 tentang Perlindungan.

Dalam UU Perlindungan Anak itu disebutkan bahwa setiap anak berhak untuk memperoleh perlindungan dari pelibatan peristiwa yang mengandung unsur kekerasan.

"Jadi berdasarkan UU tersebut, maka tidak bijak membiarkan atau bahkan mengorganisir anak-anak pelajar utk turut serta dalam demonstrasi."

"Meskipun tradisi masyarakat kita adalah berkelompok, berorganisasi, termasuk pelajar," kata Aris Setiawan.

Jual Sabu dalam Bungkus Permen, Dua Pemandu Lagu Karoke di Bekasi Diringkus Polisi

Jessica Iskandar Ingin Adakan Flashmob di Pesta Pernikahannya dengan Richard Kyle

Ketika mendapatkan laporan terkait ada ratusan pelajar di Kota Bekasi yang diamankan Polres Metro Bekasi Kota saat hendak menuju ke DPR RI Jakarta, Aris mengaku KPAD langsung melakukan pendampingan.

KPAD Kota Bekasi juga melakukan bimbingan hingga memastikan para pelajar diserahkan kembali ke orang tua masing-masing.

"Kami juga minta Disdik (Dinas Pendidikan--Red) harus membuat surat edaran kepada kepala-kepala sekolah agar melakukan pembinaan agar siswa-siswanya fokus dalam kegiatan belajar mengajar," ucap Aris.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatulah mengatakan pihak telah mengirimkan surat sosialisasi dan himbauan kepada sekolah agar para pelajar tidak ikur unjuk rasa.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved