Jam Operasional Truk Tanah Dibatasi, Diperbolehkan Lewat Jalan Raya Babelan Pukul 22.00-05.00

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Aria Dwi Nugraha, pun meminta pembatasan truk tanah harus dilakukan di seluruh jalan Kabupaten Bekasi.

Jam Operasional Truk Tanah Dibatasi, Diperbolehkan Lewat Jalan Raya Babelan Pukul 22.00-05.00
Istimewa
Truk pengangkut tanah jadi sasaran amuk warga, usai terlibat kecelakaan Jalan Raya Babelan, Kampung Kedaung, Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi yang menyebabkan pengendara tewas terlindas. 

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi mulai membatasi kendaraan dump truck atau truck pengangkut tanah yang melintasi Jalan Raya Babelan di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Pembatasan jam operasional itu dipicu karena truck pengangkut tanah kerap menimbulkan kemacetan, kerusakan jalan, hingga kecelakaan.

“Kami tengah persiapkan peraturan untuk membatasi operasional dump Truck di wilayah Jalan Raya Babelan.Dalam waktu dekat ini kami berlakukan, jadi tidak semua truck bisa melintas,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna, Kamis (26/9/2019).

Yana mengatakan Jalan Raya Babelan merupakan jalan kelas III yang hanya dapat dilalui kendaraan dengan muatan sumbu terberat 8 ton. Apalagi, jalan tersebut baru saja diperbaiki pemerintah.

“Nah ini dump truck rata-rata muatannya diatas 8 ton. Maka dari itu kerusakan jalan kerap terjadi karena kendaraan truck ini melintasi jalan,” ujarnya.

Berdasarkan hasil kesepakatan pemerintah, warga, DPRD, maupun unsur Muspika, truck hanya diperbolehkan melintas di Jalan Raya Babelan dari pukul 22.00-05.00 WIB.

Dalam waktu dekat, kata Yana, pihaknya akan memberikan surat edaran kepada masing-masing perusahaan serta operator dump truck agar dapat mentaati kebijakan dan peraturan ini.

“Kita akan berikan surat edaran dan harus dicerna baik-baik oleh operator dump truck dan dipatuhi. Jika melanggar akan ada tindakannya,” ungkap dia.

Untuk diketahui, keberadaan truck pengangkut tanah itu sangat dikeluhkan warga. Pasalnya, sopir truck tanah itu kerap ugal-ugalan sehingga menyenggol sepeda motor hingga tewas terlindas.

Belum lama ini truck tanah itu menelan korban jika, pengedara motor tewas terlindas hingga mendapatkan protes warga dengan merusak truck tanah tersebut.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved