Besok Stasiun LRT Pegangsaan Dua Beroperasi

STASIUN LRT Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara rencananya akan dioperasikan pada Jumat (26/9) besok.

Besok Stasiun LRT Pegangsaan Dua Beroperasi
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Stasiun LRT Pegangsaan Dua segera beroperasi. 

STASIUN LRT Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara rencananya akan dioperasikan pada Jumat (26/9) besok.

Nantinya stasiun itu juga terintegrasi bus Transjakarta.

Plt Direktur Utama PT LRT Jakarta Wijanarko mengatakan sejumlah persiapan sudah dilakukan seperti aksesibilitas hingga trotoar agar bisa digunakan oleh calon penumpang.

“Kita harapkan besok kita sudah buka. Untuk penumpang target pasar di kawasan ini cukup banyak, ada penghuni Apartemen Gading Nias dan industri di sekitarnya,” katanya di lokasi, Kamis (26/9).

Apalagi pihaknya juga sudah melakukan survei dengan berangkat dari Apartemen Gading Nias ke Stasiun LRT Pegangsaan Dua yang diklaim hanya butuh empat menit.

“Dengan jalan kaki sudah bisa keliling Jakarta, artinya empat menit mau kemanapun keliling Jakarta udah bisa. Jadi LRT udh jangkau seluruh Jakarta dengan terkoneksi Transjakarta,” katanya.

Wijanarko mengatakan nantinya juga disediakan bus Transjakarta sebagai feeder. Bus itu akan keliling sekitar Kelapa Gading untuk mengangkuy calon penumpang yang ingin naik LRT Jakarta.

“Kita harapkan jumlah penumpang bukan lagi wisata tapi bekerja dan beraktivitas. Kita trus sempurnakan performa masing-masing stasiun dan ini termasuk stasiun terbesar karena tergabung dengan depo, tempat parkir LRT,” katanya.

Fasilitas penitipan sepeda juga telah disiapkan. Bahkan diperbolehkan pelanggan membawa sepeda lipat sementara sepeda jenis lain bisa dititipkn di tempat penitipan sepeda.

GM Operasi dan Pelayanan PT LRT Jakarta Aditya Kesuma mengatakan pencapaian penumpang LRT selama masa uji coba menunjukkan tren positif dimana ada banyak yang memanfaatkan.

“Saat ini rata-rata sampai September 6.500 tiap hari, weekend bisa 8-9 ribu. Untuk rute pendek ini capaian lumayan tinggi animonya,” ujarnya.

Deputi Direktur Proyek LRT Jakarta PT Jakarta Propertindo Wilman Sijabat mengatakan pihaknya sedang menunggu izin pembanguna dan operasi agar bisa beroperasi secara komersil.

“Target kami November akhir. Setiap proses harus dipasitkan lengkap, terpenuhi, tidak ada yang terlewati, sistem yang disiapkan tidak ada kendala lagi,” katanya.

Sementara itu terkait fase dua LRT Jakarta dengan rute Manggarai - Jakarta International Stadium (JIS) direncanakan pembangunan baru bisa terwujud pada tahun 2020.

“Fase dua tahap masih studi kelayakan dan basic desain. Target kami groundbreaking tahun depan, pertengahan,” katanya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved