Ruang Kerja DPRD Depok Kosong, Aktivis Torben Rando: Politisi Busuk Enggak Layak di Parlemen!

“Tapi kan utamanya itu mereka melakukan pengawasan, banyak sekali permasalahan-permasalahan di Depok yang perlu diawasi, misalnya adanya kasus obat

Ruang Kerja DPRD Depok Kosong, Aktivis Torben Rando: Politisi Busuk Enggak Layak di Parlemen!
warta kota
50 anggota DPRD Kota Depok resmi dilantik dan pengambilan sumpah untuk masa jabatan 2019-2024 di Ruang Paripurna, Gedung DPRD Kota Depok, Sukmajaya, Kota Depok, Selasa (3/9/2019). 

Molornya kinerja anggota DPRD Kota Depok yang baru dilantik 3 September lalu, membuat aktivis sekaligus Ketua Komite Pergerakan Nasional (Kompernas), Torben Rando, bersuara lantang.

Rando mengatakan, sebagai dewan yang sudah disumpah dan menjabat sebagai pejabat negara, sudah seharusnya mulai beraktivitas meski Alat Kelengkapan Dewan (AKD) belum terbentuk.

“Kan sudah ada pimpinan dewan, AKD hanya penunjang tapi prinsipnya sebagai anggota mereka harus aktif yakni mulai menampung aspirasi masyarakat,” tutur Rando saat dihubungi Wartakotalive.com, Rabu (25/9/2019).

Rando mengatakan, sebagai wakil rakyat, mereka harus mulai melihat kondisi sosial di masyarakat mengenai apa yang perlu dijadikan bahan arah pembangunan.

“Mereka harus segera merealisasikan janji-janji politiknya ketika mereka berkampanye,” tandas Rando.

Rencananya, Jumat (27/9), DPRD Kota Depok akan menggelar Rapat Paripurna perihal pengucapan sumpah Pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024 di komplek Kota Kembang, Grand Depok City, Depok.

Lambatnya kinerja di parlemen, Rando mengatakan hal tersebut akan menghambat seluruh sistem pemerintahan di Kota Depok.

Terlebih sesuai dengan peraturan, ke 50 orang tersebut sudah mulai menerima gaji meski belum bekerja maksimal.

Sebagai legislatif, Rando mengatakan ada tiga fungsi yang dilakukan DPRD sebagai wakil rakyat. Yakni fungsi budgeting, fungsi legislasi, dan fungsi pengawasan.

Untuk fungsi pertama dan kedua, Rando memahami hal tersebut belum bisa dilakukan bila AKD belum terbentuk.

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved