Dijadikan Destinasi Wisata Air Seperti Sungai Cheonggyecheon Seoul, Revitalisasi Kalimalang Dimulai

“Saya ingin ubah mindsetnya dengan pariwisata sehingga orang bahagia anak-anak bisa rekreasi, bisa buka warung, tukang parkirnya, dan lainnya,”

Dijadikan Destinasi Wisata Air Seperti Sungai Cheonggyecheon Seoul, Revitalisasi Kalimalang Dimulai
Warta Kota/Muhammad Azzam
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sedang melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking destinasi wisata air Kalimalang, Bekasi, Rabu (25/9/2019). 

Setelah dinanti-nanti, pembangunan destinasi wisata air Kalimalang Bekasi dimulai setelah Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan ground breaking atau peletakan batu di titik Jalan Mayor Madmuin Hasibuan, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (25/9/2019).

Seperti diberitakan, sebelumnya Ridwan Kamil pernah mewacanakan Kalimalang Bekasi mirip seperti Sungai Cheonggyecheon Seoul, Korea Selatan.

Dalam proses peletakan batu pertama, Ridwan Kamil ditemani Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Direktorat Jendral Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, dan Kepala Dinas SDA Provinsi Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan setelah melalui proses panjang akhirnya pembangunan destinasi wisata air di Kalimalang bisa dimulai.

Banyak faktor baru dimulainya proses revitalisasi Kalimalang ini. Mulai dari titik lokasi yang sempat masuk jalur pembangunan Tol Becakayu hingga perizinan dari Ditjen SDA Kementerian PUPR.

“Kalimalang ini tidak akan jadi daya tarik dan hanya dilewati gitu saja kalau tidak diberikan sesuatu,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil kepada Wartakotalive.com.

Untuk itu, Ridwan Kamil pun meminta Rahmat Effendi mengawal proses pembangunan destinasi wisata Kalimalang Bekasi itu.

Ia menilai banyak sekali potensi wisata air di Jawa Barat, akan tetapi lahan atau waduk itu rata-rata aset miliki Kementerian PUPR.

Maka dari itu Ridwan Kamil memohon agar dipermudah perizinan untuk pemanfaatan wisata air.
Waduk, Situ atau saluran multifungsi ini bukan hanya untuk lokasi penampungan air atau di Kalimalang ini dijadikan sumber air Jakarta, tapi harus ada fungsi sosial.

“Saya ingin ubah mindsetnya dengan pariwisata sehingga orang bahagia anak-anak bisa rekreasi, bisa buka warung, tukang parkirnya, dan lainnya,” kata Kang Emil.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Barat, Linda Al Amin menambahkan proses revitalisasi Kalimalang ini akan dilakukan secara bertahap.

Berterima kasih

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengucapkam terima kasih atas realisasi pembangunan destinasi wisata air di Kalimalang Bekasi.

“Saya atas nama pemerintah dan warga Kota Bekasi terima kasih pembangunan ini bisa dimulai. Saya harap ini menjadi titik wisata baru dan daya tarik baru,” kata Rahmat.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved