Breaking News:

Berita Jakarta

Forum RPTRA Jakarta Timur dan Universitas BSI Belajar Komunikasi yang Baik di Masyarakat

Forum pengurus RPTRA Jakarta Timur bekerja sama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) mengadakan seminar public speaking

Editor: Dian Anditya Mutiara
dok Briand
Forum pengurus RPTRA Jakarta Timur bekerja sama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) mengadakan seminar public speaking 

Forum pengurus RPTRA Jakarta Timur bekerja sama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) mengadakan seminar public speaking atau cara berkomunikasi bagi masyarakat. 

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan berbagi informasi kepada Forum Pengelola RPTRA Jakarta Timur mengenai cara bagaimana melakukan komunikasi yang efektif.

Dalam keterangan pers yang diterima Wartakotalive pada Senin (23/9/2019), kegiatan ini menjadi bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen bersama beberapa mahasiswa untuk memenuhi tugas tridharma perguruan tinggi. 

RPTRA Cempaka Putih Timur Dibangun Diatas Lahan 1.500 Meter Persegi

Pramelani, S.Sos, MM Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Jurusan Hubungan Masyarakat, Universitas Bina Sarana Informatika mengatakan kegiatan seminar tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta.

"Ini sangat berguna meningkatkan kompetensi wanita dan pengurus RPTRA dalam melaksanakan tugas kepada masyarakat dalam rangka berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia," kata Pramelani saat membuka acara semina di RPTRA Gebang Sari, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (21/9/2019).

Peserta seminar dan Tim Universitas Bina Sarana Informatika pengabdian masyarakat di RPTRA Gebang Sari
Peserta seminar dan Tim Universitas Bina Sarana Informatika pengabdian masyarakat di RPTRA Gebang Sari (dok. Briand Priesadhe)

Hal senada dilontarkan oleh Dra. Hasih Rasmiyani, staf Sudin PPAPP JT Kelurahan Bambu Apus,  diadakannya kegiatan seperti ini akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan para kader PKK dan pengurus RPTRA ketika melaksanakan tugas kemasyarakatan di lapangan.

"Karena kemampuan berkomunikasi sangat dibutuhkan dalam mereduksi program pemerintah agar pelaksanaannya di lapangan sesuai dengan maksud dan tujuan sehingga bisa terlaksana dengan baik," ujar Hasih.

Kegiatan ini merupakan kesempatan yang luar biasa sekaligus sebagai motivasi dan pembekalan yang bermanfaat.

Sementara itu salah satu pembicara Muhamad Jejen Jaelani, MM, Dosen Universitas Bina Sarana Informatika menjelaskan, yang harus dilakukan dalam berkomunikasi adalah harus percaya diri akan kemampuannya.

Sebab dengan tertanam sikap tersebut maka informasi yang disampaikan akan diterima dengan baik oleh komunikan.  Sehingga hasilnya komunikan atau audiens akan percaya dan yakin dengan informasi yang disampaikan oleh komunikator atau orang yang menyampaikan pesan.

Teknik komunikasi dapat digunakan juga teknik membujuk atau persuasif dalam public speaking dalam penyampaian informasi agar audiens tidak merasa dipaksa oleh pembicara dalam menggambil keputusan.

Seminar ini diikuti 21 peserta dari Forum Pengurus RPTRA Jakarta Timur.

Usai penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi games tebak ekspresi secara berantai sehingga peserta dapat memahami mengenai pentingnya perhatian pesan yang disampaikan agar tidak terjadi kesalahan dalam menerima pesan. (*)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved