Bayi Lahir di Rumah Sakit Atau Bidan Bisa Bawa Pulang 4 Dokumen Seperti NIK, Akta Lahir, KK, dan KIA

Airin berharap kerja sama ini dapat memudahkan pelayanan baik di Dinas Kesehatan, Pendidikan, dan lainnya.

Bayi Lahir di Rumah Sakit Atau Bidan Bisa Bawa Pulang 4 Dokumen Seperti NIK, Akta Lahir, KK, dan KIA
Istimewa
Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany memegang piagam Rekor MURI bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangerang Selatan, Dedi Budiawan (kanan), di Aula lantai 4, Ruang Blandongan, Ciputat, Puspemkot Tangsel, Ciputat, Senin (23/9/2019). 

Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan menandatangi perjanjian kerja sama inovasi pelayanan dengan rumah sakit swasta, bidan se-Kota Tangsel dan lainnya.

Dalam kerja sama dengan rumah sakit swasta dan bidan tersebut, bayi yang lahir baik di rumah sakit maupun di bidan akan pulang membawa empat dokumen yakni NIK, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), dan KIA.

Sedangkan untuk kematian atau pasien yang meninggal di rumah sakit, akan menerima 3 in 1. Yakni akta kematian, dikeluarkan dari Kartu Keluarga (KK), dan digantikan KTP-nya jika istrinya yang meninggal akan diganti status di KTP suami atau sebaliknya.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, menambahkan, bidang pencatatan sipil paling mendasar. Hak paling mendasar ada di dinas kependudukan dan pencatatan sipil.

“Bahkan kami mendorong pendeglarasian hingga Kelurahan, karena betapa penuhnya orang datang ke Dinas, tinggal SOP yang harus dijalankan,” kata Airin di acara Pemberian Rekor MURI kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang dalam pembuatan 7.474 Kartu Identitas Anak (KIA) selama sepekan.

Airin berharap kerja sama ini dapat memudahkan pelayanan baik di Dinas Kesehatan, Pendidikan, dan lainnya. Airin berharap KIA bisa menjadi kartu identitas anak-anak yang bisa dibawa kemana-mana.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved