BERIA VIDEO

VIDEO : Sumber Kebakaran Diduga Berasal Dari Sebuah Rumah di Tengah Kampung

Titik api penyebab kebakaran yang menghanguskan 129 rumah warga, diduga berasal dari sebuah kontrakan yang terletak di tengah-tengah gang sempit.

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Rangga Baskoro

Warta Kota, Jatinegara -- Titik api penyebab kebakaran yang menghanguskan 129 rumah warga, diduga berasal dari sebuah kontrakan yang terletak di tengah-tengah gang sempit.

Lokasi tersebut berada di Jalan Kemuning, Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur. Tempat kontrakan berukuran sekira 3×3 meter itu sudah diberi garis polisi.

Cukup banyaknya rumah warga yang terdampak disebabkan karena lokasi antara satu rumah dengan lainnya begitu rapat. Blok permukiman hanya dipisahkan gang sempit selebar kurang dari 1 meter saja.

"Ya kalau gang di depan rumah ini emang enggak bisa buat masuk motor. Cuma warga sini aja yang pakai buat markirin motornya," ujar Supriadi (58) seorang warga yang terdampak kebakaran di lokasi.

Kali yang membelah wilayah Kelurahan Rawa Bunga dan Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (21/9/2019).
Kali yang membelah wilayah Kelurahan Rawa Bunga dan Bali Mester, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (21/9/2019). (Warta Kota/Rangga Baskoro)

Mayoritas rumah kontrakan memiliki 2 lantai, di mana lantai kedua hanya terbuat dari kayu. Hal tersebut menyebabkan api begitu cepat merambat dalam hitungan menit.

"Pas saya keluar, apinya cuma nyala di dua rumah, sebelah (yang diduga jadi sumber api) dan rumah saya. Pas balik lagi setelah ngasih tau ke yany ngontrak rumah, api sudah sampai ujung gang," tuturnya.

Hal tersebut diperkuat berdasarkan pemantauan di lapangan, bangunan rumah yang terbakar tak menyisakan beton di bagian atasnya.

"Di sini kebanyakan emang lantai 2 terbuat dari kayu. Hampir semuanya," ujar Supriadi.

Api Menyeberang Ke Kelurahan Bali Mester

Terdapat dua kelurahan yang terdampak kebakaran pada insiden dini hari tadi, yakni Bali Mester dan Rawa Bunga. Kedua wilayah dipisahkan kali kecil yang terletak tepat di belakang permukiman.

"Api emang dari sini (Rawa Bunga) tapi nyeberang ke sebelah, karena aliran kalinya itu mengerucut, jadi rumah di bagian belakang juga sebenarnya dempet-dempetan," ujar warga lain bernama Indra.

Terlebih lagi, api berkobar menuju arah belakang permukiman warga yang berbatasan dengan Kelurahan Bali Mester. Ketika satu rumah di Kelurahan Bali Mester terkena imbas, api tersebut kemudian merembet ke rumah warga lain di sebelahnya.

Secara terperinci, terdapat 103 rumah yang dihuni oleh 133 KK dan 380 jiwa terdampak kebakaran di Kelurahan Rawa Bunga. Korban mayoritas tinggal di RW 01, tepatnya di RT 003 dan 004.

Sedangkan di Kelurahan Bali Mester, kebakaran menghanguskan sebanyak 26 rumah yang dihuni oleh 26 KK dan 72 jiwa di RT 09/06. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Alex Suban
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved