World Cleanup Day 2019

Aksi Bersih-Bersih Dunia Digelar Lion Club di 5 Wilayah Kota DKI Jakarta

Aksi Bersih-Bersih Dunia Digelar di Kecamatan Pulogadung. Lions Club menggelar World Cleanup Day 2019 di lima wilayah kota secara serentak di Jakarta.

Aksi Bersih-Bersih Dunia Digelar Lion Club di 5 Wilayah Kota DKI Jakarta
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Lion Club Gelar World Cleanup Day 2019 atau Aksi Bersih-Bersih Dunia di Lima Wilayah Kota di DKI Jakarta, Sabtu (21/9/2019). 

Aksi Bersih-Bersih Dunia atau World Cleanup Day 2019 digelar di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (21/9)/2019).

Total ada hampir 1.000 orang ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang digelar serentak di lima wilayah kota di Jakarta.

Presiden Lions Club Magnolia Erma Zein mengatakan Aksi Bersih-Bersih Dunia itu tidak hanya digelar secara serentak di lima wilayah kota di Jakarta tapi juga di seluruh dunia.

"Ini adalah kegiatan bersih-bersih di 158 negara termasuk Indonesia, seluruh dunia adakan serempak dengan jam dan waktu yang sama," kata Erma, Sabtu (21/9/2019).

Erma mengatakan arah dari kegiatan ini adalah bagaimana untuk mengedukasi masyarakat yang ada di sekeliling kita untuk bisa memilah mana sampah yang organik dan mana yang anorganik.

"Ini adalah kegiatan bersih-bersih terutama untuk sampah plastik supaya nanti bisa didaur ulang. Jadi kita edukasi masyarakat sekitar," kata Erma.

Lion Club 2
Lion Cl
Lion Club Gelar World Cleanup Day 2019 atau Aksi Bersih-Bersih Dunia di Lima Wilayah Kota di DKI Jakarta, Sabtu (21/9/2019).
Lion Club Gelar World Cleanup Day 2019 atau Aksi Bersih-Bersih Dunia di Lima Wilayah Kota di DKI Jakarta, Sabtu (21/9/2019). (Warta Kota/Junianto Hamonangan)
ub Gelar World Cleanup Day 2019 atau Aksi Bersih-Bersih Dunia di Lima Wilayah Kota di DKI Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Pada kesempatan itu masyarakat dari seluruh lapisan seperti komunitas, anak sekolah hingga anggota Lions Club yang turut berpartisipasi, jumlah mencapai hampir 1.000 orang.

Selain memberikan edukasi kepada masyarakat yang ada di sekitar lokasi, mereka juga mengajak mencari sampah dan memilahnya untuk kemudian dikumpulkan sesuai jenisnya.

"Kita mengajak teman-teman cari sampah, yang mana sampah plastik yang mana organik. Jadi ada penimbangan juga setelah kita ambil, setelah itu diberikan ke lingkungan kebersihan setempat," ujarnya.

Hasilnya ada ratusan kilogram sampah yang dikumpulkan dari masyarakat saat kegiatan itu. Kedepan adanya kegiatan itu diharapkan bisa mengurangi penggunaan sampah plastik.

"(Sampah) yang dihasilkan cukup banyak ratusan kilo, persisnya saya lupa, ada sampah plastik, ada sampah kertas, rumah tangga karena kita datangi rumah tangga sekalian edukasi," katanya. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved