Peristiwa

Bea Cukai Musnahkan Ribuan Barang Sitaan dari Penumpang

Kepala KPU Bea dan Cukai Tipe C Bandara-Soekarno, Erwin Situmorang, menjelaskan barang-barang itu merupakan hasil temuan petugasnya selama tiga bulan.

Barang-barang kena cukai (BKC) yang dibawa oleh penumpang dari luar negeri dimusnahkan oleh Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Kamis (19/9/2019).

Kepala KPU Bea dan Cukai Tipe C Bandara-Soekarno, Erwin Situmorang, menjelaskan barang-barang itu merupakan hasil temuan petugasnya selama tiga bulan terakhir.

Adapun total barang yang dimusnahkan, 478 botol minuman mengandung etil alkohol, 13.400 batang rokok, 58 kilogram tembakau iris, 30 batang cerutu, dan 11.800 batang rokok elektrik.

Bea Cukai Lelang Belasan Unit Mobil Subaru, Salah Satunya Subaru BRZ 2013 Senilai Rp 114 Juta

Gandeng Bea Cukai, KBN akan Kembangkan PLB Di Cakung

"Kami ingin melaporkan hasil tegahan kami selama tiga bulan ini," kata Erwin di Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Menurut Erwin, barang-barang ini disita karena ketidaktahuan penumpang dengan regulasi bea dan cukai tentang batas maksimum membawa barang dari luar negeri.

"Jadi mereka membawanya saja, tapi tidak tahu peraturannya, bahwa ada batasnya," jelasnya.

20 Mobil Subaru Dilelang Bea Cukai, 2 Model Ini Patut Dilirik, Simak Harga dan Persyaratan di Sini

Bea Cukai Gempur Vape Cair Tak Bercukai

Selain minuman alkohol dan rokok, petugas juga mengamankan ratusan dus minuman seduh pelangsing yang belum memiliki izin edar dari Balai Pengawasan Makanan dan Obat (BPOM).

Merek yang diamankan kemudian dimusnahkan adalah Choco Fit, Lemon Fit, Sleemax, dan Tea Tox yang setelah dilakukan pemeriksaan oleh BPOM mengandung zat kimia berbahaya yang dapat memicu serang jantung.

"Kalau yang alkohol didapat dari penumpang dari berbagai negara, kalau yang Choco Fit itu dari Malaysia," ujarnya. 

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved