Wisata dan Budaya

Pertama di Indonesia, Sea World Ancol Berhasil Budidaya Ubur-ubur

Jenis ubur-ubur yang telah berhasil dibudidayakan di Sea World Ancol adalah jenis Moon Jelly dan Up Side Down.

Pertama di Indonesia, Sea World Ancol Berhasil Budidaya Ubur-ubur
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sea World Ancol hadirkan akuarium ubur-ubur Jellyfish Sphere. 

Sea World Ancol menjadi tempat wisata pertama di Indonesia yang berhasil mengembangbiakan ubur-ubur. 

Jenis ubur-ubur yang telah berhasil dibudidayakan di Sea World Ancol adalah jenis Moon Jelly dan Up Side Down.

Hal itu juga sejalan dengan misi mereka sebagai destinasi wisata yang mengedepankan edukasi, hiburan, dan konservasi.

“Kami menjamin bahwa Sea World Ancol merupakan tempat budidaya ubur-ubur pertama yang ada di Indonesia,” ujar VP Sea World & Ocean Dream Samudra, Rika Sudranto di Museum Sea World Ancol, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Ribuan Anak Antusias Ikuti Liburan 1 Muharram di Dunia Fantasi Ancol

Lebih lanjut, dia menceritakan mulanya Sea World Ancol hanya memelihara ubur-ubur yang ditangkap dari habitatnya. 

Namun, karena usia ubur-ubur yang tidak bisa bertahan hidup terlalu lama lebih dari setahun pihaknya berinisiatif mengembangbiakan hewan laut tersebut.

Pihak Sea World Ancol lalu pada akhirnya memutuskan untuk mencoba dalam mengembangbiakan ubur-ubur itu sehingga tidak lagi mengambil ubur-ubur dari habitat aslinya.

“Sebenarnya akuarium ini sendiri telah launching 2018 lalu. Tapi karena tahun lalu Sea World Ancol belum banyak pengetahuan dalam memelihara ubur-ubur, kami pun belajar dan keluarlah inisiatif itu,” jelasnya.

VIDEO: Ribuan Anak Antusias Ikuti Liburan 1 Muharram di Dufan Ancol

Pengembangbiakan hewan ini juga menjadi upaya destinasi wisata Sea World Ancol dalam bertujuan agar tidak menganggu ekosistem di alam laut.

"Kami tidak mau kalau terus mengambil dari habitatnya. Kami di sini menjamin ubur-ubur yang ada di Sea World Ancol sepanjang tahun dapat dilihat berkat budidaya ubur-ubur,” kata dia.

Pihak Sea World Ancol berharap kehadiran laboratorium budidaya ubur-ubur ini bisa menjadi sarana pembelajaran, pusat penelitian dan konservasi yang mampu memberikan informasi terlengkap seputar ubur-ubur di Indonesia.

Sementara itu, dalam pengembangbiakan ubur-ubur ini juga banyak yang mengapresiasi. Salah satunya oleh Dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Institut Pertanian Bogor, Dr Hawis Madduppa, S.Pi, M.Si.

Ancol Taman Impian Jadi Destinasi Wisata Eksotis dari Tepi Laut Jakarta

"Walaupun makhluk laut ini sedikit kasar karena sering menyengat, tapi tetap harus dikembangbiakkan agar tidak menjadi punah, tentu dengan demikian apa yang dilakukan Sea World Ancol pantas diapresiasi," pungkasnya.

Adapun, bagi wisatawan yang ingin melihat koleksi ubur-ubur dan binatang laut lainnya, kalian dapat mengunjungi Sea World Ancol yang berada di dalam kawasan Ancol Taman Impian, Jakarta Utara. 

Penulis: Luthfi Khairul Fikri
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved