Jalur Sepeda di Jakarta Selatan Cuma Jadi Parkiran Ojek Online dan Lapak PKL

Jalur khusus sepeda yang dibangun di sejumlah jalan protokol di wilayah Kotamadya Jakarta Selatan sejak beberapa waktu lalu berubah fungsi saat ini.

Jalur Sepeda di Jakarta Selatan Cuma Jadi Parkiran Ojek Online dan Lapak PKL
Warta Kota/Dwi Rizki
Petugas Dishub DKI mengamati jalur sepeda di Jalan Melawai, Jakarta Selatan. 

Jalur khusus sepeda yang dibangun di sejumlah jalan protokol di wilayah Kotamadya Jakarta Selatan sejak beberapa waktu lalu berubah fungsi saat ini.

Lajur jalan berwarna hijau di sisi jalan yang senyatanya dibangun demi kepentingan pengendara sepeda kini justru jadi lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga pangkalan ojek online.

Mirisnya kondisi tersebut seperti yang terlihat di sepanjang Jalan Melawai Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (18/9/2019).

Selain Penataan Trotoar, Jalur Sepeda di Kemang Bakal Diaktifkan

Sehari-harinya, jalan utama komplek perbelanjaan Blok M Square serta perkantoran dan penginapan itu menjadi lokasi strategis para pengemudi ojek online maupun PKL untuk mangkal.

Tidak terhitung berapa jumlah pengendara ojek online yang nongkrong maupun berseliweran di jalur sepeda bahkan di atas trotoar.

Mereka terlihat menunggu penumpang dengan minum kopi dan berbincang dengan sesama.

Lampu PJU yang Halangi Jalur Sepeda di Jalan Asia Afrika Dipindahkan ke Belakang Trotoar

Sementara, jalur sepeda yang berada di sisi Jalan justru berubah fungsi menjadi parkiran sepeda motor ataupun taksi online.

Suasana pun terlihat semrawut dengan banyaknya sampah bekas gelas kopi hingga puntung rokok di sekitar lokasi.

Kondisi tersebut semakin parah ketika menjelang sore hingga malam hari. Puluhan pengendara ojek online terlihat bergerombol di sisi trotoar dan depan gerbang keluar Blok M Square.

Ngetem di Jalur Sepeda Melawai, 6 Sopir Angkot Dihukum Push Up

Keberadaan ojek online dan PKL tersebut diakui Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Munjirin banyak dikeluhkan masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya menerjunkan anggota Sudin Perhubungan Jakarta Selatan untuk patroli di seputar kawasan Blok M Square maupun sejumlah jalan rawan pangkalan liar.

"Anggota kita instruksikan untuk berjaga di sekitar kawasan, diharapkan agar jalur sepeda maupun pedestrian bisa bebas pangkalan ojek atau PKL," ungkapnya dihubungi pada Kamis (19/9/2019) malam.

Walau begitu, dirinya berharap agar masyarakat dapat memiliki kesadaran untuk menjaga ketertiban umum.

Mangkal di Jalur Sepeda, Petugas Dishub Gembosi Ban Bajai di Melawai

Sehingga area pedesterian serta jalur sepeda yang tengah dibangun di sejumlah jalan seperti di Jalan Melawai Raya, Jalan Prapanca Raya serta Jalan Sisingamangaraja hingga Jalan Fatmawati Raya dapat dimanfaatkan para pengendara sepeda.

"Terpenting adalah kesadaran masyarakat dalam menjaga ketertiban, sehingga ada rasa memiliki. Jadi tanpa dilakukan penjagaan oleh petugas, kawasan tetap tertib, jalur sepeda dan trotoar dapat digunakan nyaman oleh masyarakat," jelasnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved