Ganggu Warga, Pemkot Jakut Minta PT KAI dan PT Duta Anggada Reality Atasi Bara Api di Kampung Bandan

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim meminta pemilik dan penyewa lahan segera memadamkan kebakaran lahan di Kampung Bandan.

istimewa
Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim bersama jajarannya saat meninjau ke lokasi kebakaran lahan di kawasan Kampung Bandang, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. 

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim meminta pemilik dan penyewa lahan segera memadamkan kebakaran lahan di Kampung Bandan.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim meminta pemilik lahan yaitu PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan penyewanya PT Duta Anggada Reality, Tbk untuk memadamkan kebakaran lahan di kawasan Kampung Bandan, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Dua Pekan Pascakebakaran di Kampung Bandan, Warga Masih Tinggal di Pengungsian

Pemadaman yang terjadi di Kampung Bandan memang harus disegerakan untuk dipadamkan karena asap yang ditimbulkan berdampak polusi udara yang terdampak pada warga di sekitarnya.

Hak ini lantaran kedua perusahaan ini memiliki kewenangan dalam tanggung jawab memadamkan bara api di lahan tumpukan puing sampah tersebut.

"Kita minta tanggung jawab dari yang punya kewenangan di sini, PT KAI dan PT Duta Anggada Reality untuk segera mereka menyebarkan peralatan-peralatan pendukung untuk memulai pemadaman," ujar Ali dalam keterangan tertulis yang diterima Warta Kota, Kamis (19/9/2019).

Penataan Ulang Kawasan Kampung Bandan, Pemkot Jakarta Utara Janji Tak Gusur Warga

Meski begitu, teknis pemadaman api tetap berada pada Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. 

Dia pun memprediksi pemadaman kebakaran lahan ini bisa memakan waktu selama sebulan karena lokasi yang sulit dijangkau.

"Diperkirakan cukup lama karena lahannya luas yang terbakar cukup sulit juga dijangkau. Mungkin bisa memakan waktu seminggu atau sebulan," jelasnya.

Pelajar Korban Kebakaran Kampung Bandan Dapat Bantuan dari Dhama Wanita Sudin Pendidikan Jakut

Sementara, Deputi Eksecutive Vice President Daop 1 Jakarta PT KAI Junaedi Nasution mengatakan akan segera berkoordinasi dengan PT Duta Anggada Reality, tbk dalam pemadaman lahan yang terbakar tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan penjaga lahan ini agar perusahaan itu segera memadamkan api. Jadi bukan kami (PT KAI) yang melaksanakannya," tuturnya.

Seperti diketahui, lahan itu telah terbakar sejak dua minggu lalu dan menyebabkan polusi udara.

Kebakaran sulit dipadamkan karena bara api berasal dari sampah tertimbun gundukan sedalam dua meter.

Penulis: Luthfi Khairul Fikri
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved