Berita Video

VIDEO: Polisi Periksa Pemilik Pabrik Aluminium di Cilincing yang Diduga Cemari Udara

“Ya kita lakukan atau proses yang kita lakukan kita kemarin mengamankan atau meminta keterangan terhadap 5 orang saksi,” ujar Budhi saat ditemui di Ma

VIDEO: Polisi Periksa Pemilik Pabrik Aluminium di Cilincing yang Diduga Cemari Udara
Warta Kota/Luthfi Khairul Fikri
Industri rumahan pembakaran arang dan alumunium telah diberi garis polisi di Jalan Cakung Drain, RW 09 Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (17/9/2019). 

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto mengakui telah memeriksa seorang pemilik dan empat pegawai pabrik industri peleburan alumunium dan pembakaran arang batok di Cilincing.

“Ya kita lakukan atau proses yang kita lakukan kita kemarin mengamankan atau meminta keterangan terhadap 5 orang saksi,” ujar Budhi saat ditemui di Mapolresta Metro Jakarta Utara, Selasa (17/9/2019).

Lima saksi itu diantaranya salah satunya adalah sebagai pemilik pabrik atas nama MN kemudian saksi lainnya dari pegawai adalah atas nama KH, IW, FA dan FU.

“Iya masih saksi belum 24 jam nanti setelah 24 jam akan ditentukan oleh penyidik statusnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menduga pabrik produksi barang aluminium dan arang batok ini telah berlangsung beroperasi sejak lama.

“Kalau saya lihat dari lokasinya dan peralatannya sebenarnya sudah cukup lama ya pabrik ini berdiri,” tutur Budhi.

Seperti diberitakan sebelumnya, penyidik telah memasangkan garis polisi itu dilakukan karena industri rumahan diduga melakukan tindak pidana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Seperti sebagaimana diatur dalam Pasal 98 ayat (1) dan/atau Pasal 103 Jo Pasal 59 dan/atau Pasal 109 Jo Pasal 36 Ayat (1) UURI No. 32 th 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Lebih lanjut, menurutnya, selain itu industri peleburan aluminium itu diduga melanggar Pasal 106 UURI No.7 th 2014 tentang Perdagangan.

Selain melakukan penyegelan, polisi juga menyita beberapa barang bukti berupa alat cetak limbah aluminium, bahan aluminium mentah, serbuk aluminium yang sudah dihaluskan, mesin giling, tungku beserta bahan bakar untuk melakukan pembakaran.

Halaman
123
Penulis: Luthfi Khairul Fikri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved