Berita Video

VIDEO: 13 Pelaku Kejahatan Objek Fidusia Diringkus, 18 Mobil Disita

lima kasus dilakukan berkelompok dengan berbagai modus mulai dari mobil kredit dengan debitur fiktif dan memalsukan faktur,

VIDEO: 13 Pelaku Kejahatan Objek Fidusia Diringkus, 18 Mobil Disita
Warta Kota
Tersangka Pelaku Kejahatan Objek Fidusia 

Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya membekuk 13 tersangka pelaku pencurian, penggelapan dan penadahan mobil kredit yang semuanya terkait kejahatan fidusia.

Dari 13 tersangka itu berhasil disita 18 mobil yang semuanya masih dalam kewenangan perusahaan leasing atau dalam kredit.

Ke 13 tersangka ini dibekuk dalam 6 kasus berbeda. Mereka diamankan petugas dalam kurun waktu sejak Juli sampai September 2019 dari sejumlah wilayah berbeda.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan dari enam kasus yang behasil diungkap ini, lima kasus dilakukan berkelompok dengan berbagai modus mulai dari mobil kredit dengan debitur fiktif dan memalsukan faktur, menggelapkan mobil yang masih dalam pembiayaan perusahaan leasing dan menjualnya dengan harga murah serta penadahan, hingga modus berpura-pura meminjam mobil kredit orang lain dan kemudian juga menjualnya degan surat kendaraan yang dipalsukan.

Sementara satu kasus lain, kata Argo dimana pelaku yang masih kerabat korban mencuri BPKB mobil milik korban dan menggadaikan BPKB itu ke perusahaan pinjaman tunai untuk mendapatkan uang tunai Rp 100 Juta. Pelaku berjanji membayar cicilan pinjaman perbulan, Rp 5,8 Juta selama dua tahun.

Korban yang merupakan warga Rafles Hills, Jakarta Timur, baru tahu kalau ia dibebankan utang dengan agunan mobilnya, setelah perusahan pinjaman hendak mengeksekusi mobil CR-V korban yang dibeli tunai sebab tidak membayar cicilan pinjaman. Ia kemudian melaporkan apa yang dialami ke Polda Metro Jaya.

"Jadi semua kejahatan yang dilakukan para tersangka ini semuanya terkait dengan fidusia, dan mengancam atau berpotensi merugikan perusahaan pembiayaan atau leasing," kata Argo.

Para pelaku katanya dijerat Pasal 372 KUHP, Pasal 363 KUHP, Pasal 480 KUHP dan Pasal 35 UU RI Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia.

"Yang ancaman hukumannya hingga 7 tahun penjara," kata Argo.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved