Breaking News:

Kebakaran Hutan

Ada Mafia Lahan Gambut, WALHI Minta Jokowi Jalankan Putusan MA

Presiden Jokowi dituntut untuk jalankan putusan Mahkamah Agung (MA) soal kebakaran lahan.

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meninjau penanganan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa (17/9/2019). 

MANAGER Kampanye Eksekutif Nasional WALHI Wahyu Perdana menyebut jika mudah saja bagi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) untuk menghentikan kabut asap yang kerap terjadi setiap tahun.

Caranya kata Wahyu, Presiden hanya tinggal menjalankan gugatan yang pernah dilayangkan oleh sekelompok pegiat lingkungan hidup yang sudah diaminkan oleh Mahkamah Agung.

“Sederhananya jalankan saja putusan Mahkamah Agung, sudah berketetapan hukum tetap tinggal dilaksanakan,” kata Wahyu dalam Indonesia Laywer Club (ILC) Selasa (17/9/2019) malam.

Apresiasi DPR Sahkan Revisi UU KPK, Neta S Pane: Hanya Orang Aneh yang Menolak Perubahan

Kata Wahyu, dalam putusan itu MA juga sudah mengatur soal review izin dan review kebijakan soal masalah kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi sedari tahun 1997.

“Dalam proses review izin muncul juga dalam putusan MA, satu buka data HGU, HPA, HTI dan konsesi yang terbakar,” kata Wahyu.

Menurutnya hal itu penting bukan hanya untuk masyarakat sipil, tetapi juga penting bagi para penegak hukum dalam memproses perusahaan yang ketahuan membakar lahan untuk pembebasan.

Gelar Salat dan Doa Minta Turunkan Hujan, Sekda Tangerang Sebut Warga Butuh 2 Juta Liter Air Bersih

“Kalau nanti kemudian turun data konsesinya sulit diakses, terus masa harus tunggu, kalau lahan 1, 2 hektar kelihatan plang perusahannya, tapi kalau itu HGI atau HTI?” jelas Wahyu.

Sehingga kata Wahyu, mengatasi kebakaran lahan yang kerap terjadi setiap tahun tidak dapat hanya diatasi dengan sosialisasi saja.

Wahyu tidak menampik jika ada mafia dalam setiap kebakaran lahan yang terjadi setiap tahunnya di Sumatera dan Kalimantan.

Tetapi yang terpenting kata Wahyu, hal itu sebenarnya masih dicegah jika Presiden Jokowi menjalankan putusan MA untuk mengatasi kebakaran lahan.

Halaman
1234
Penulis: Desy Selviany
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved