Berita Video

VIDEO: Pimpin Ratas Karhutla di Riau, Jokowi Berharap Dukungan dari Pemda

Presiden Joko Widodo berharap pemerintah daerah mendukung upaya pemerintah pusat dalam menangani kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap.

PRESIDEN Joko Widodo melakukan rapat terbatas terkait kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Indonesia dengan sejumlah pimpinan daerah dalam kunjungannya ke Pekanbaru, Riau Senin (16/9/2019).

Jokowi berharap pemerintah daerah mendukung upaya pemerintah pusat dalam menangani kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap.

Kepada gubernur, bupati dan wali kota Riau yang wilayahnya tengah dilanda kebakaran hutan dan kabut asap pekat, Jokowi menegaskan peran pemerintah daerah sangat penting dalam pencegahan dan penanganan Karhutla.

Mendag Revisi Aturan Impor Daging, MUI Apresiasi

"Sekali lagi, kalau tidak ada dukungan pemda, ini adalah pekerjaan besar yang sulit diselesaikan," kata Jokowisebagaimana disiarkan langsung akun YouTube Sekretariat Presiden.

 Jokowi menegaskan yang terpenting dalam kebakaran hutan adalah pencegahan.

Ia mengingatkan gubernur sudah memiliki perangkat hingga ke tingkat desa untuk melakukan pencegahan ini. Begitu juga Pangdam dan Kapolda.

"Kita memiliki semuanya tapi perangkat ini tidak diaktifkan secara baik. Kalau Infrastruktur ini diaktifkan secara baik saya yakin yang namanya satu titik api sudah ketahuan sebelum sampai jadi ratusan titik api," sambung Jokowi.

Tiga Setia Bongkar Percakapan dengan Nikita Mirzani dari Tiket Pesawat Hingga Disebut Labil

Selain jajaran kepala daerah, hadir dalam rapat ini Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, serta Kepala BNPB Donny Monardo.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan bahwa bencana kabut asap yang terjadi di sejumlah wilayah sulit diatasi,
salah satunya karena faktor pejabat daerah.

Menurut Doni Monardo, laporan dari petugas di lapangan terungkap bahwa pejabat daerah kurang peduli dengan wilayahnya yang terdampak kebakaran hutan dan lahan.

Tetap Jalankan Tugas Padamkan Api di Hutan Kalimantan, Prajurit ini Tetap Salat Beralaskan Daun

"Ada keluhan dari unsur TNI-Polri karena ada kurang kepedulian dari pejabat daerah," kata Doni Monardo, gedung Graha BNPB Jakarta, Sabtu (14/9/2019) dilansir dari Antara.

"Saya tidak menyinggung siapa, tidak mungkin, tapi rata-rata pejabat atau pemimpin setingkat kabupaten-kota," ucap Doni.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Kalau Pemda Tak Dukung, Kebakaran Hutan Sulit Diselesaikan ", https://nasional.kompas.com/read/2019/09/16/21203401/jokowi-kalau-pemda-tak-dukung-kebakaran-hutan-sulit-diselesaikan.

Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved