Berita Video

VIDEO : Ancaman Kapolri Jika Tidak Ada Penangkapan Pelaku Karhutla, Kapolda, Kapolres, Kapolsek Out

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan siap mencopot jajarannya di daerah karhutla jika tidak melakukan tindakan maksimal pengendalian kebakaran

Kapolri Tito Karnavian siap copot jajarannya bila terbukti tak maksimal kendalikan kebakaran hutan di Kalimantan Tengah.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan siap mencopot jajarannya di daerah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) jika tidak melakukan tindakan maksimal pengendalian kebakaran

Berdasarkan hasil pantauan dari udara dengan Panglima TNI dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengemukakan, tidak melihat ada yang terbakar baik kebun sawit maupun Hutan Tanaman Industri (HTI).

Terungkap Penanganan Kasus Kebakaran Hutan Kurang Didukung Pejabat Daerah, Jokowi Hari Ini di Riau

Namun, yang terbakar adalah hutan atau semak.

“Artinya, ini ada indikasi kuat terjadinya pembakaran, kesengajaan. Sebagian sudah ditangkap, itu juga membuktikan bahwa peristiwa itu ada,” kata Tito dalam keterangan pers usai mengikuti Ratas tentang Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan, di Hotel Novotel, Pekanbaru, Riau, Senin (16/9) dilansir dari laman Setkab.

Oleh karena itu, Kapolri menegaskan akan mengintensifkan upaya untuk melakukan penegakan hukum.

Dampak Menghirup Asap Kebakaran Hutan Terhadap Kesehatan Tubuh, Ini Penjelasannya

Ia mengaku sudah melaksanakan video conference dengan seluruh kapolda, dengan seluruh kapolres seluruh Indonesia, dengan penekanan kepada enam polda yang paling utama, yaitu Polda Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalsel, dan Kalteng.

Tapi juga ada yang level tier duanya, yaitu Sumatra Utara, kemudian Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, termasuk Jawa dan NTT.

Kapolri mengaku sudah menyampaikan, namanya mengintensifkan itu harus ada pulling and pushing factor.

Jadi bagaimana agar mereka tertarik untuk melakukan aktivitasnya maksimal dan bagaimana mereka terpacu.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved