Kabar Artis

Ormas Halau Pemutaran Film, Garin Nugroho Minta FPI Dibubarkan

Garin meminta Ormas seperti itu untuk dibubarkan demi evektivitas penegakan hukum.

warta kota/nur ichsan
20181101 Juri EADC 2018, Garin Nugroho 

Sutradara film Kucumbu Tubuh Indahku Garin Nugroho Riyanto menceritakan insiden penyerbuan Ormas FPI saat pemutaran ulang film itu di Semarang pada 15 September 2019 lalu.

Garin meminta Ormas seperti itu untuk dibubarkan demi evektivitas penegakan hukum.

Hal itu Garin ceritakan lewat akun Facebooknya Garin Nugroho Riyanto pada Selasa (17/9/2019).

Garin menceritakan saat itu FPI dan Ormas Islam lain yang mengatasnamakan warga muslim Semarang menyatroni pemutaran filmnya.

Mereka meminta film Kucumbu Tubuh Indahku untuk tidak diputar di Festival Kota Lama, Semarang pada Minggu (15/9/2019).

“Saya menolak keras karena film telah lolos sensor dan ormas bukan lembaga polisi atau pengadilan yang berhak mengadili dan menutup pertunjukan, saya tetap memutuskan memutar sebagai hak hukum dan demokrasi saya,” ungkap Garin.

Terlebih kata Garin, ia dan penonton merasa terganggu dengan para anggota Ormas yang hadir dengan bendera berlambang Ormas.

“Terlebih pengawalan dengan bendera depan pintu masuk oleh anggita ormas tersebut, sudah mengganggu ketertiban umum dan menjadikan penonton khawatir dan ragu masuk,” kata Garin.

Pihak panitia dan Ormas juga kata Garin sempat berdebat alot. Hingga akhirnya polisi datang dan mencegah Ormas tersebut untuk menggelar aksi.

“Salut polisi semarang. Film akhirnya diputar, dikawal petugas polisi, diskusi berjalan seru, penonton penuh, sungguh menarik,” jelas Garin.

Halaman
123
Penulis: Desy Selviany
Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved