Transportasi

Uji Kelaikan Kendaraan di Jakarta Kini Tercatat Dalam Data Elektronik

Sistem pengujian kelaikan kendaraan bermotor DKI sudah diintegrasikan dengan cash management system dan akan diintegrasikan secara nasional.

Uji Kelaikan Kendaraan di Jakarta Kini Tercatat Dalam Data Elektronik
Warta Kota/Rangga Baskoro
Dinas Perhubungan DKI Jakarta, melakukan penandatanganan kesepakatan bersama atau MoU dengan Kementerian Perhubungan di kantor Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Pulogadung, Senin (16/9/2019). 

Pengujian kelayakan kendaraan bermotor atau biasa dikenal dengan istilah uji kir (keur, bahasa Belanda, yang berarti menyetujui--Red)  di Jakarta kini tercatat di dalam data elektronik.

Dinas Perhubungan DKI dan Kementerian Perhubungan RI sepakat mengintegrasikan pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor secara elektronik melalui Memorondum of Understanding (MoU) yang ditandatangani di Kantor Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor di Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (16/9/2019).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo mengatakan, penggunaan smart card atau kartu pintar untuk uji kendaraan ini sejalan dengan visi misi Gubernur DKI Anies Baswedan yang menginginkan agar setiap kegiatan terintegrasi dengan sistem elektronik

"Penandatanganan nota kesepahaman dengan Kemenhub ini dalam rangka integrasi pelaksanaan pengujian secara elektronik. Sebagaimana dipahami bahwa DKI Jakarta sudah melakukan sistem pelayanan dengan cashless, tanpa uang tunai," ujar Syafrin di lokasi.

Dishub DKI Ungkap Rata-rata Jumlah Pelanggaran Ganjil Genap

INGAT 25 Ruas Ganjil Genap, Hari Pertama Dishub DKI dan Polda Metro Kerahkan 1.250 Personel

Menjelang Penerapan Perluasan Ganjil Genap, Dishub DKI Terbitkan 231 Stiker Khusus Disabilitas

Terintegrasi Nasional

Sistem pengujian kendaraan bermotor di DKI ini sudah diintegrasikan dengan cash management system (CMS) DKI dan sekarang kita lebih kembangkan lagi integrasinya secara nasional.

Artinya bahwa setiap kendaraan bermotor yang akan melaksanakan uji KIR di Jakarta atau numpang uji bisa dikontrol dari daerah asalnya.

Dengan dilakukan pendatanganan MoU ini maka secara otomatis DKI langsung menerapkan bukti lulus uji kendaraan menggunakan smart card.

Seluruh data kendaraan yang selesai uji kir dimasukkan ke dalam smart card yang sebelumnya hanya tercatat dalam sebuah buku kir.

"Dengan integrasi sistem maka aspek keselamatan di jalan yang melibatkan seluruh angkutan umum, angkutan barang dapat terpenuhi laik jalannya," kata Syafrin.

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved