Breaking News:

Revisi UU KPK

Tanggapi Pengembalian Mandat, Jokowi: Kita Sedang Bertarung Perjuangkan KPK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal sikap sejumlah Pimpinan KPK yang mengembalikan mandat kepada Presiden untuk mengelola KPK.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Biro Pers/Setpres - Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas bersama jajaran terkait untuk membahas langkah-langkah dan antisipasi dalam menanggapi perkembangan ekonomi dunia di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2019). 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal sikap sejumlah Pimpinan KPK yang mengembalikan mandat kepada Presiden untuk mengelola KPK.

Presiden Jokowi mengatakan jika ia kini tengah memperjuangkan KPK. 

Sebelumnya sejumlah pimpinan dan pegawai KPK melayangkan aksi protes kepada Presiden karena merestui Revisi Undang-undang KPK yang dianggap dapat melemahkan lembaga tersebut.

Mengapa Para Personel Langit Sore Harus Berterima-kasih Kepada Duta Sheila on 7?

Ketua KPK Agus Rahardjo didampingi dua pimpinan lainnya Saut Situmorang dan Laode Mohammad Syarif mengungkapkan rasa kekecewaan atas sikap Kepala Negara.

Mereka menganggap, restu Presiden sebagai bentuk dari pelemahan KPK dari seluruh lembaga mulai dari legislatif dan eksekutif.

Para pimpinan itu juga kecewa karena Revisi UU KPK dianggap tidak sesuai dengan mekanisme yang ada.

Mereka mengaku jika hingga saat ini mereka belum dimintai pendapat dan menerima draft dari Revisi UU tersebut.

“Maka kami, pimpinan yang merupakan penanggung jawab tertinggi di KPK. Dengan berat hati, pada hari ini, Jumat 13 September 2019, kami menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Bapak Presiden RI,” kata Agus seperti dikutip Wartakotalive.com.

Menang 2-1 Awal Kebangkitan Persija, Pelatih PSIS Tetap Apresiasi Penampilan Anak Asuhnya

Atas sikap tersebut Presiden Jokowi angkat bicara. Ia menegaskan, bahwa Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) adalah lembaga negara, institusi negara.

“Jadi saya sampaikan KPK itu lembaga negara, institusi negara. Jadi bijaklah dalam kita bernegara,” kata Presiden Jokowi usai membuka Musyawarah Nasional (Munas) XVI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/9/2019) siang seperti dikutip Setkab.go.id.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved