Ondel-ondel yang Berkeliling di Jalan, Pengemis yang 'Ganti Baju'

Ondel-ondel yang berkeliling diyakini sebagai pengamen yang ‘ganti baju’ dengan berkedok kesenian budaya Betawi.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha
Ondel-ondel sedang beraksi di Jalan Kramat Pulo kawasan kampung Ondel-ondel, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019). 

Ondel-ondel yang berkeliling diyakini sebagai pengamen yang ‘ganti baju’ dengan berkedok kesenian budaya Betawi. Padahal kehadiran mereka justru merusak imej budaya Betawi.

Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya, mengatakan, telah membahas dalam rapat dengan aparat terkait.

“Jadi, ini sebenarnya, kalau kita lihat, trennya ini adalah pengamen yang ‘ganti baju’,” ujar Gumilar, Senin (16/9/2019).

Melibatkan Lansia dan Komunitas Tuna Rungu, Mey Hasibuan Mengolah Sampah Menjadi Tas Merek Inang

Angkasa Pura II Tegaskan Tak Ada Pergantian & Penambahan Nama Bandara Soekarno-Hatta dan Terminalnya

Persija Menang 2-1 Atas PSIS, The Jakmania: Masih Begitu-begitu Aja Mainnya

Gumilar menambahkan para pengamen sengaja berganti wajah dengan menggunakan Ondel-ondel Betawi supaya mereka tidak terjaring razia yang dilakukan para petugas Satpol PP.

“Yang tadinya pengamen seperti apa, sering ditangkep-tangkepin. Mudah-mudahan karena Ondel-ondel, karena seni budaya, mereka berpifkir petugas jadi males nangkepin karena bawa-bawa Betawi,” katanya.

Gumilar menjelaskan, sudah berkomunikasi Lembaga Kebudayaan Betawi, Bamus Betawi. Disebutkan, itu bukan senimannya, ada oknum yang gunakan baju Betawi untuk ngamen,” kata Gumilar.

Pembinaan

Penertiban pengamen ondel-ondel yang banyak ditemui di pinggir jalan merupakan kewenangan Satpol PP DKI Jakarta maupun Dinas Sosial DKI Jakarta untuk pembinaan.

Gumilar mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait penertiban pengamen Ondel-ondel.

Ketimbang Menambah Lahan Baru, Sampah di TPA Cipayung Depok Akan Dikelola Dijadikan Briket

Setelah 1 Tahun Bawa Kabur Uang Ratusan Jemaah Senilai Rp 4 M , Bos Travel Umrah Akhirnya Dibekuk

Gagal Panjat Truk Tanah yang Sedang Melintas, Pelajar SMP Terjatuh Hingga Tewas Terlindas

“Ini akan segera kita tindaklanjuti dengan dinas terkait karena untuk penertiban kewenangannya ada di Satpol PP,” ucapnya.

“Kita kan tidak punya akses untuk menangkap langsung, jadi kita tetap harus koordinasi dengan Satpol PP, Dinsos, itu sudah kita lakukan tinggal kita tunggu action-nya seperti apa,” sambung Gumilar.

Gumilar menyinyalir para pengamen ondel-ondel itu berasal dari daerah pinggir Jakarta. Mereka mengais rejeki dengan memanfaatkan tradisi dan budaya Betawi.

“Ini kebanyakan fenomenanya dari daerah pinggir Jakarta, soalnya sudah kita cek ke beberapa penyewaan ondel-ondel, bukan mereka,” katanya.

Bahkan tidka menutup kemungkinan para pengamen itu membuat sendiri ondel-ondel tersebut dan tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Bisa jadi bikin sendiri, soalnya kalau lihat ondel-ondel yang ada di jalan kan agak beda, agak lusuh, agak beda dengan pakem yang ada di kami,” katanya.

Apa yang dilakukan para pengamen ondel-ondel itu justru menjatuhkan kebudayaan Betawi. “Kita sudah dapat informasi dari penggiat seni budaya Betawi, itu mencemari karena bukan seperti itu cara melestarikan ondel-ondel,” ujarnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved