Kuliner

Jika Mampir Balkondes di Kawasan Borobudur, Jangan Kaget Apabila Bertemu Banyak Bajingan

Salah satu warung yang sempat membuat kami terkejut adalah ketika mendapati nama makanan, seperti camilan, yang tidak biasa.

Jika Mampir Balkondes di Kawasan Borobudur, Jangan Kaget Apabila Bertemu Banyak Bajingan
Dokumentasi Balkondes
Venue Balkonjazz Festival 2019 di Desa Tuksongo yang merupakan Negeri Tembakau Magelang, di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Balkonjazz Festival 2019 digelar Sabtu (14/9/2019). 

Pasar Balkon menyambut kami disela gelaran Balkonjazz Festival 2019 di Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, akhir pekan kemarin.

Pasar Balkon adalah pasar dadakan yang sengaja dimunculkan hanya satu hari untuk meramaikan Balkonjazz Festival 2019.

Pasar itu ada di sepanjang jalan dari lapangan desa yang memiliki pohon randu alas berumur ratusan tahun, hingga di sekitar perkebunan tembakau di Tuksongo.

Pasar Balkon yang meramaikan Balkonjazz Festival 2019 di Desa Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019).
Pasar Balkon yang meramaikan Balkonjazz Festival 2019 di Desa Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019). (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

Di jalan utama Desa Tuksongo sepanjang sekitar 1 kilometer itu, sebanyak 150 pedagang meramaikan Pasar Balkon.

Para pedagang adalah perwakilan warga di 20 Balkondes (Balai Ekonomi Desa) yang berada di kawasan Borobudur, dan sebagian pedagang dari Magelang.

Di kawasan Borobudur, Kementerian BUMN RI mengelola 20 Balkondes. Masing-masing Balkondes menjual keunikan masing-masing desanya.

Puluhan Pendekar Menyerbu Balkonjazz Festival 2019 di Tuksongo, Ada Persoalan Apa Disana?

Balkonjazz Festival Sukses Digelar di Tuksongo Adalah Bukti Borobudur Tak Hanya Memiliki Candi Saja

Salah satu warung yang sempat membuat kami terkejut adalah ketika mendapati nama makanan, seperti camilan, yang tidak biasa.

"Monggo mampir, coba cicipi Bajingannya. Enak lho," kata penjual di warung tersebut.

Kami lantas saling berpandangan dan heran sesaat setelah mendengar nama makanan yang terbuat dari bahan utama singkong tersebut.

Bajingan, makanan khas dari Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan Borobudur yang dijual di Pasar Balkon ikut meramaikan Balkonjazz Festival 2019 di Desa Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019).
Bajingan, makanan khas dari Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan Borobudur yang dijual di Pasar Balkon ikut meramaikan Balkonjazz Festival 2019 di Desa Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019). (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

Mengapa nama itu yang diambil sebagai nama makanannya?

Halaman
12
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved