Travel

Balkonjazz Festival Sukses Digelar di Tuksongo Adalah Bukti Borobudur Tak Hanya Memiliki Candi Saja

Produk-produk yang dihasilkan warga setempat juga bisa didistribusikan warga ke khalayak yang lebih luas, terutama pengunjung festival dan wisatawan.

Balkonjazz Festival Sukses Digelar di Tuksongo Adalah Bukti Borobudur Tak Hanya Memiliki Candi Saja
Dokumentasi Sinergi Nusantara
Para penari Hanoman dari Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan Borobudur menarikan Hanoman Obong di Pasar Balkon yang meramaikan Balkonjazz Festival 2019 di Desa Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019). 

Balkonjazz Festival 2019 yang berlangsung di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019) sore hingga menjelang tengah malam.

Konser musik ditengah desa itu berjalan sangat meriah.

Setidaknya, lebih dari 8.000 pengunjung datang dan tidak hanya berasal dari Magelang dan sekitarnya, namun juga dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga Kuala Lumpur, Malaysia.

Frau ketika bernyanyi di panggung Balkonjazz Festival 2019 yang digelar ditengah perkebunan tembakau di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019).
Frau ketika bernyanyi di panggung Balkonjazz Festival 2019 yang digelar ditengah perkebunan tembakau di Balkondes Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019). (Dokumentasi Sinergi Nusantara)

Mereka memadati seluruh area dari festival yang dipromotori PT Manajemen CBT Nusantara ini, mulai dari area panggung pertunjukan hingga Pasar Balkon.

Edwin Hidayat Abdullah, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Kementerian BUMN, mengatakan, kawasan Borobudur sebagai salah satu tujuan wisata terpadu di Indonesia tidak hanya memiliki candi saja.

Kawasan Borobudur juga memiliki kekayaan tersembunyi ditengah masyarakat.

Meski Sedang Sakit Kepala, Yura Yunita Tampil Mempesona Menutup Balkonjazz Festival 2019

Lagu Rumit Semakin Populer, Langit Sore Berterima-kasih Kepada Duta Modjo Sheila on 7

Tak hanya destinasi wisata yang ada di Kecamatan Borobudur, potensi yang dimiliki masyarakatnya juga terlihat dari Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang dikelola langsung oleh warga lokal.

"Arahan Pak Presiden dan Kementerian BUMN, Borobudur harus dibantu dan sejalan sebagai suatu destinasi unggulan di Indonesia, selain Bali," kata Edwin Hidayat Abdullah.

Selama ini penanganan wisata di Borobudur hanya terpusat ke candi.

Para penari kuda lumping atau kesenian jathilan dari Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan Borobudur menari di Pasar Balkon yang meramaikan Balkonjazz Festival 2019 di Desa Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019).
Para penari kuda lumping atau kesenian jathilan dari Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan Borobudur menari di Pasar Balkon yang meramaikan Balkonjazz Festival 2019 di Desa Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019). (Dokumentasi Sinergi Nusantara)

"Sekarang pemerintah ingin bahwa Borobudur tidak hanya candi, namun juga punya banyak yang lain.
Balkonjazz Festival bersama Balkondes ini salah satu pariwisata lainnya," kata Edwin Hidayat Abdullah.

Halaman
12
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved