Berita Daerah

Pembangunan Jalan Terhalang Batu Pengantin Warga Minta Bantuan Abdi Dalem Keraton untuk Pindahkan

Batu yang oleh warga setempat dinamakan Batu Pengantin tersebut tidak bisa dipindahkan ataupun dibongkar menggunakan alat berat.

Pembangunan Jalan Terhalang Batu Pengantin Warga Minta Bantuan Abdi Dalem Keraton untuk Pindahkan
Tribunjogja.com | Wisang Seto Pangaribowo
Proses pemindahan situs batu temanten di Dusun Semampir, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Gunung Kidul, Kamis (12/9/2019). 

Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJlS) di wilayah Desa Semugih Rongkop terkendala sebuah batu besar yang tidak bisa dipindahkan.

Batu yang oleh warga setempat dinamakan Watu Temanten (Batu Pengantin) tersebut tidak bisa dipindahkan ataupun dibongkar menggunakan alat berat.

Bahkan alat berat yang hendak membongkar batu tersebut tiba-tiba mogok.

Menurut cerita yang ada di masyarakat, dulunya di sekitar batu tersebut digunakan untuk beristirahat sepasang kekasih yang telah menikah yang belum genap satu minggu.

Petugas Jasa Marga Jelaskan Fungsi Batu Besar di Tol Cipularang, Mbah Mijan Rasakan Gerbang Gaib

Saat beristirahat tiba-tiba muncul sebuah batu yang berukuran besar menimpa kedua orang tersebut, dan hingga saat ini batu yang menimpa kedua pengantin disebut warga sekitar dengan nama Watu Temanten (Batu Pengantin).

Di bagian atas batu tersebut ditumbuhi dua pohon jati yang tidak terlalu besar ukurannya.

Warga bersama pemerintah desa setempat pun akhirnya menggelar upacara ritual dengan mendatangkan abdi dalem dari Keraton Yogyakarta untuk memindahkan batu tersebut.

Upacara adat pemindahan Batu Temanten dilaksanakan pada Kamis (12/9/2019) siang dan disaksikan oleh ratusan masyarakat.

Ajudan Pribadi Prabowo Subianto Bocorkan Ritual Unik Hingga Temukan Buku Tak Biasa di Kamar

Menurut Kepala Desa Semugih, Sugiarto kedua pohon jati yang tumbuh di bagian atas merupakan perwujudan dua pengantin yang tertimbun batu tersebut.

"Kemarin saat akan diukur tidak bisa, lalu dicoba untuk dibongkar mesin juga tidak mampu," katanya ketika ditemui Tribunjogja.com sebelum prosesi upacara adat pemindahan batu dimulai.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved