Banjir Jakarta

Antisipasi Banjir Jakarta di Musim Hujan, Ini Komentar Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah berupaya mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba yang diperkirakan terjadi pada Oktober 2019 mendatang.

Antisipasi Banjir Jakarta di Musim Hujan, Ini Komentar Anies Baswedan
Warta Kota/Rangga Baskoro
Foto dokumentasi: Warga Cipinang Melayu belum bisa tenang pasca banjir surut pada siang hari tadi, Selasa (30/4). Hal itu disebabkan lantaran banjir kembali menggenangi permukiman warga RW 04 pada sore tadi. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah berupaya mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba yang diperkirakan terjadi pada Oktober 2019 mendatang.

Dirinya mengaku saat ini pemerintah sudah melakukan pengerukan sungai hingga waduk sepanjang tahun.

"Kalau dari sisi pemerintah DKI, kita sudah melakukan kegiatan untuk pengerukan sungai kemudian pembersihan sungai, pembersihan waduk, pengerukan waduk itu dilakukan sepanjang tahun," ujar Anies saat ditemui di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (14/9/2019).

Lebih lanjut, kata dia, saat air surut pada musim kemarau, pengerukan sungai dan waduk itu lebih mudah dikerjakannya.

"Dengan cara seperti itu justru pada saat surut itulah kesempatan untuk bekerja melakukan pengerukan karena jauh lebih mudah pada saat surut," jelasnya.

 Empat Fakta Umayah Korban Terbakar Tol Cipularang yang Sempat Dikabarkan Hilang

 4 FAKTA Menarik 4 Presiden Indonesia Sudah Meninggal: Dari Lokasi Makam sampai Lahir di Bulan Sama

 IRJEN Firli Jadi Ketua KPK, FAHRI Hamzah Minta Pimpinan KPK Segera Demisioner: KPK Bukan LSM!

Meski begitu, Anies menyebut pembangunan sejumlah waduk di Jakarta itu dipastikan molor tidak sesuai jadwal yang direncanakan.

Hal itu lantaran masih terdapat sejumlah masalah terkait pembebasan lahan belum kunjung selesai.

“Saya dengar dari Kementerian PUPR mundur waktunya, jadi sepertinya tidak akan selesai sesuai jadwal karena kendala pembebasan lahan di sana. Tapi kita pantau terus," imbuhnya.

Anies menerangkan pihaknya hanya sebagai monitor sementara pengerjaan sejumlah waduk ini dilakukan oleh Kementeriaan PUPR.

  Cakram Ban Depan Motor Sudah Digembok, Ternyata Maling Nekat Lakukan Ini

"Jakarta berkepentingan sekali untuk program pembangunan waduk itu selesai segera. Tapi karena pembangunan itu bukan di tangan kami, itu adalah pembangunan oleh PUPR, jadi kita monitoring dekat dengan PUPR," tutur dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, BPBD DKI Jakarta sendiri sempat mengeluarkan peringatan terkait potensi hujan deras di wilayah sekitar Jakarta pada Kamis (12/9) sore hingga malam kemarin. 

Saat itu, BPBD meminta aparat di wilayah sekitar sungai yang ada di Jakarta mengambil langkah-langkah antisipasi dampak hujan di wilayah sekitar Jakarta. (M20)

Penulis: Luthfi Khairul Fikri
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved