Institut Teknologi Indonesia Milik Mendiang BJ Habibie di Tangsel Akan Diubah Menjadi PTN di Banten

Sebelum beliau (Pak Habibie) meninggal, saya sudah bicara ke Pak Presiden Joko Widodo, bahwa Banten memerlukan sebuah Institut apalagi di era 4.0.

Institut Teknologi Indonesia Milik Mendiang BJ Habibie di Tangsel Akan Diubah Menjadi PTN di Banten
Warta Kota/Andika Panduwinata
Didampingi Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, Menteri Perindusrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto melihat hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Indonesia (ITI) Setu, Tangerang Selatan, Jumat (13/9/2019) seusai memberikan kuliah umum di di Aula Gedung G ITI lantai 3. 

Institut Teknologi Indonesia (ITI) milik mendiang Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Setu, Tangerang Selatan, direncanakan bakal dijadikan sebuah perguruan tinggi negeri (PTN).

Soal wacanan ini disampaikan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto saat memberikan kuliah umum di ITI, di Aula Gedung G ITI lantai 3, Jumat (13/9/2019).

Dalam kuliah umumnya Airlangga membahas rencana ITI akan menjadi perguruan tinggi negeri di Banten.

Airlangga mengungkapkan salah satu amanah almarhum BJ Habibie yang juga disampaikan ke ibu Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, menjadikan ITI sebagai PTN.

“Sebelum beliau (Pak Habibie) meninggal, saya sudah bicara ke Pak Presiden Joko Widodo, bahwa Banten memerlukan sebuah Institut apalagi di era 4.0. Maka institute dan lokasinya tepat yang berdiri di tanah negara namanya Institut Teknologi Indonesia (ITI),” papar Airlangga.

Menurutnya dalam tiga tahun terakhir ini, tidak ada institut yang terlengkap dan sebaik ITI ini.

“Jadi saya datang tugasnya disuruh itu aja sama Pak Rektor, sambil tertawa. Kita sama-sama berdoa, kita kompak, bagaimana kita mengalihkan asset yayasan ke tanah milik negara,” kata Airlangga.

Dirinya menegaskan ITI akan dijadikan perguruan tinggi negeri di Banten yang sudah didorong menjadi cluster silicon village-nya Indonesia.

“Sekarang kita bahas kajiannya seperti apa. Semoga legalnya bisa diselesaikan dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Sayap untuk terbang

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved