Penipuan

Hakim Terbitkan Surat Pemanggilan Paksa Alvin Lim karena Berulang Kali Mangkir dari Persidangan

Sebelumnya, diketahui kalau dirinya menghadiri sidang praperadilan sebagai saksi di lokasi yang sama, PN Jakarta Selatan, pada kasus lain.

Hakim Terbitkan Surat Pemanggilan Paksa Alvin Lim karena Berulang Kali Mangkir dari Persidangan
Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana persidangan atas kasus penipuan dokumen asuransi dengan terdakwa Alvin Lim di persidangan Pengadilan Negeri 1 Jakarta Selatan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Rabu (11/9/2019) lalu. Persidangan tersebut menjadi aksi kelima terdakwa Alvin Lim mangkir dalam persidangan. 

Berulang kali mangkir dalam persidangan atas kasus penipuan dokumen asuransi di persidangan Pengadilan Negeri 1 Jakarta Selatan, terdakwa Alvin Lim akhirnya dipanggil paksa oleh hakim.

Pemanggilan paksa itu diterbitkan Hakim Pengadilan Negeri 1 Jakarta Selatan atas permintaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) lantaran terdakwa kerap mangkir dengan alasan sakit.

Lewat terbitnya Surat Pemanggilan Paksa tersebut, terdakwa Alvin Lim diwajibkan untuk hadir pada sidang lanjutan yang jatuh pada tanggal 25 September 2019 mendatang. Hakim juga meminta Jaksa untuk membawa dokter pemerintah untuk memeriksa apakah Alvin Lim benar dalam keadaan sakit.

Sebab diketahui, terdakwa Alvin Lim kembali mangkir dari persidangan pada Rabu (11/9/2019) lalu.

Padahal, sebelumnya, dirinya menghadiri sidang praperadilan sebagai saksi di lokasi yang sama, PN Jakarta Selatan, pada kasus lain.

"Saya rasa siapapun pasti geram, melihat perilaku dia. Di sisi lain berkoar-koar membela keadilan di PN Jaksel, tapi pada saat yang sama, justru menghianati pengadilan dengan mangkir sidang terus," ungkap Praktisi hukum Ali Zubeir Hasibuan dari Indonesia In Absentia Watch di Pengadilan Negeri 1 Jakarta Selatan pada Jumat (13/9/2019).

"Dia juga cukup berani datang ke PN Jaksel untuk kasus lain, padahal kehadirannya disaksikan petugas dan media," tambahnya.

Sikap yang ditunjukkan oleh terdakwa Alvin Lim katanya menjadi bukti penistaan penegakan hukum di Indonesia.

Tindakan yang menurutnya telah mempermainkan hukum itu pun harus ditindak tegas agar aksi serupa kembali terulang di kemudian hari.

Bima Aryo Lega Tahu Sparta yang Menggigit Yayan Hingga Tewas Akhirnya Diserahkan Kepada Kepolisian

Ali berharap drama terdakwa AL ini segera berakhir.

Perkara dengan nomor: 1036/Pid.B/2018/PN JKT.SEL, segera mendapatkan perhatian serius dari perangkat penegak hukum agar tidak muncul lagi sindikasi yang mencoreng wibawa hukum di Indonesia.

"Coba kita telusuri, dalam berbagai kasus yang melibatkan dia. Lingkaran orangnya itu-itu saja, seperti sebuah grup. Hanya saja kasusnya bermacam-macam. Dia mungkin tidak menyadari bahwa jejak digital perkara, dapat ditelusuri dengan mudah," jelasnya. 

Suasana persidangan atas kasus penipuan dokumen asuransi dengan terdakwa Alvin Lim di persidangan Pengadilan Negeri 1 Jakarta Selatan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Rabu (11/9/2019) lalu.

Persidangan tersebut menjadi aksi kelima terdakwa Alvin Lim mangkir dalam persidangan.

Terungkap Kabel Udara di Jalan Prof Dr Satrio Tidak Berizin sehingga Dipotong

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved