Tewas Digigit Anjing

Dua Pekan Jalani Observasi, Sparta Dinyatakan Bebas Rabies

Dua Pekan Jalani Observasi, Sparta Dinyatakan Bebas Rabies. Sparta Kini Diasuh Unit Satwa K9 Polda Metro Jaya untuk Jadi Pasukan Anjing Pelacak

Dua Pekan Jalani Observasi, Sparta Dinyatakan Bebas Rabies
Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana pasca serah terima Sparta dari pihak Pusat Kesehatan Hewan dan Ternak (Puskeswan) Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan) KPKP) DKI Jakarta kepada pihak Kepolisian di Fasilitas Observasi Puskeswan Dinas KPKP DKI Jakarta, Jalan Margono RM, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Jumat (13/9/2019). 

Dua pekan menjalani observasi di Pusat Kesehatan Hewan dan Ternak (Puskeswan) Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP), Sparta anjing milik Bima Aryo dinyatakan sehat bebas penyakit, termasuk rabies.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Puskeswan Dinas KPKP DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan dalam penyerahan Sparta dari pihaknya kepada pihak Kepolisian yang disaksikan Bima Aryo selaku pemilik di Fasilitas Observasi Puskeswan Dinas KPKP DKI Jakarta, Jalan Margono RM, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Jumat (13/9/2019).

Dalam paparannya, tahapan observasi sekaligus pemeriksaan klinis terhadpaa anjing jenis Belgian Melliois itu telah selesai dilakukan. Hasil pemeriksaan menunjukkan Sparta bebas penyakit, termasuk rabies.

Hasil pemeriksaan tersebut katanya menjawab sangkaan yang sebelumnya dialamatkan kepada Sparta.

Diasuh Unit Satwa K9 Polda Metro Jaya, Sparta Akan Jadi Pasukan Anjing Pelacak

Penyakit yang sebelumnya disangkakan sebagai memicu penyerangan terhadap seorang pembantu rumah tangga Bima, Yayan (35) hingga tewas saat memberi makan Sparta di rumahnya pada Jumat (30/8/2019) lalu.

"Pada tanggal 3 September (2019) masuk ke ruang observasi, kemudian kita melakukan observasi, pengamatan terhadap penyakit rabies dan hasilnya sampai hari ini tidak menunjukkan gejala rabies.

Artinya apa? artinya anjing ini bisa dikembalikan kepada pemiliknya," ungkapnya kepada wartawan di Fasilitas Observasi Puskeswan Dinas KPKP DKI Jakarta, Jalan Margono RM, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Jumat (13/9/2019).

Namun, lantaran proses hukum terkait kematian Yayan masih ditangani pihak Kepolisian, Sparta katanya diserahkan kepada pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Cipayung, Jakarta Timur.

"Namun karena (kasus kematian Yayan) ini ada di bawah penanganan Polsek Cipayung Jakarta Timur, kami kembalikan ke Polsek Cipayung Jakarta Timur," tambahnya.

Proses serah terima Sparta kepada Kanit Reskrim Polsek Cipayung, Iptu Budi Setianta berlangsung cepat.

Usai Bima Aryo menandatangi berkas pemeriksaan hewan, pihak Puskeswan Dinas KPKP DKI Jakarta segera menyerahkan Sparta kepadanya.

Bima Aryo kemudian menyerahkan anjing kesayangannya itu kepada Iptu Budi Setianta untuk segera dibawayke Unit K9 Polda Metro Jaya yang berada di bilangan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.

Namun sayang, proses serah terima tidak dapat disaksikan oleh banyak orang lantaran dikhawatirkan memicu stres Sparta.

Sparta yang sebelumnya diasuh oleh pengurus anjing di Fasilitas Observasi Puskeswan Dinas KPKP DKI Jakarta, Slamet dan Dhani itu segera dimasukkan ke dalam mobil dan dibawa ke Unit K9 Polda Metro Jaya. 

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved