Berita Video

VIDEO: Menhub Budi Karya Apresiasi Desain Bandara Karya Arsitek Indonesia

Ketiga bandara yang menjadi ajang unjuk gigi arsitek Indonesia itu adalah Bandara Ngloram, Cepu, Jawa Tengah, Bandara Sukabumi, Jawa Barat, Bandara De

VIDEO: Menhub Budi Karya Apresiasi Desain Bandara Karya Arsitek Indonesia
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melihat-lihat rancangan desain tiga bandara yang dipamerkan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (12/9/2019). 

Tiga bandara yang dalam proses pembangunan menjadi objek sayembara desain yang digelar oleh Kementerian Perhubungan dengan menggandeng Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Ketiga bandara yang menjadi ajang unjuk gigi arsitek Indonesia itu adalah Bandara Ngloram, Cepu, Jawa Tengah, Bandara Sukabumi, Jawa Barat, Bandara Dewadaru, Karimunjawa, Jawa Tengah.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sangat mengapresiasi hasil karya arsitek dalam negeri itu yang karya serta maketnya dapat dilihat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

"Dalam konteks ini saya ingin sampaikan bahwa bandara-bandara ini didesain arsitek Indonesia. Oleh karenanya, saya mengapresiasi apa yang dilakukan IAI dan mengucapkan selamat kepada para pemenang," kata Budi Karya setelah melihat-lihat hasil karya pemenang sayembara, Kamis (12/9/2019).

Budi menambahkan, karya yang telah diciptakan arsitek Indonesia ini dapat memantik kreatifitas bagi arsitek lainnya serta media pembelajaran untuk calon arsitek yang masih duduk di bangku sekolah.

"Saya pikir sayembara seperti ini selain mendapat kualitas yang baik juga proses belajar yang luar biasa," sambungnya.

Untuk Bandara Ngloram, kata Budi, saat ini sudah menyelesaikan proses pembebasan lahan dan dalam tahap pembangunan terminal dan runway.

Sementara Bandara Dewadaru yang sebelumnya telah berdiri sedang dibongkar untuk kemudian dibangun kembali.

Sedangkan, Bandara Sukabumi masih dalam tahap pembebasan lahan.

"Kalau Bandara Ngloram tahun depan akhir selesai, Karimunjawa mungkin akhir tahun 2021, Sukabumi akhir 2022 karena masih pembebasan lahan," bebernya.

Jika sudah rampung, ketiga bandara itu diperkirakan dapat menampung penumpang sampai 500.000 orang untuk satu bandaranya.

Selain tiga bandara itu, terdapat juga bandara lainnya di luar pulau Jawa yang tengah dibangun yaitu Bandara Singkawang, Kalimantan Barat.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved