Berita Video

VIDEO: Kepala Dinas Kependudukan Tangsel Jelaskan Banyak Warga Kesulitan Mendapat e-KTP

"Saya mohon maaf kepada warga, sampai sekarang pembuatan e-KTP memang belum bisa cetak. Karena sedang kosong blankonya,"

VIDEO: Kepala Dinas Kependudukan Tangsel Jelaskan Banyak Warga Kesulitan Mendapat e-KTP
Warta Kota/Andika Panduwinata
Banyak warga di Tangerang Selatan yang belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk elektronik atau populer disebut sebagai e-KTP. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Tangerang Selatan, Dedi Budiawan memberikan penjelasan mengenai pelayanan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP). Banyak warga Tangsel yang kesulitan untuk mendapatkan e-KTP bahkan harus dipingpong ke sana ke mari.

Dedi pun mengakui akan hal itu. Ia meminta maaf kepada masyarakat terkait persoalan ini.

"Saya mohon maaf kepada warga, sampai sekarang pembuatan e-KTP memang belum bisa cetak. Karena sedang kosong blankonya," ujar Dedi kepada Warta Kota saat dijumpai di Kantor Dukcapil Tangerang Selatan, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya banyak warga yang mengeluhkan mengenai pelayanan e-KTP ini. Masyarakat pun belum mengetahui betul penyebab permasalahan tersebut.

"Ya kami tidak bisa apa - apa. Karena blangko itu kan kami dapat juga dari Kemendagri. Jadinya banyak warga yang ke sana ke mari, tapi memang tidak ada blankonya," ucapnya.

Dedi merinci dalam dua pekan pihaknya hanya mendapatkan 500 blanko. Dirinya mengklaim dalam sehari saja ada 1.000 orang yang memohon pembuatan e-KTP.

"Ini yang membuat kami kesulitan untuk mengakomodirnya. Dari 500 blanko itu disimpan untuk para pemohon yang benar - benar urgent. Seperti ingin buat pasport atau adminitrasi BPJS Kesehatan jika terjadi gawat darurat," kata Dedi.

Dedi menarangkan, saat ini memang ada puluhan ribu warga Tangsel yang sudah melakukan perekaman tapi belum mendapatkan e-KTP. "Oleh karena itu saya minta maaf. Tapi kami memberikan surat keterangan atau suket pengganti e-KTP. Fungsinya juga sama dengan e-KTP ini. Setelah blanko datang, mungkin bisa langsung dicetak," ungkapnya. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved