Berita Video

VIDEO: Hanung Bramantyo Sebut BJ Habibie Anggap Ainun Masih Ada Selama Hidupnya

"Beliau itu selalu mentreat bahwa istrinya masih hidup atau ada. Itu yang menurut da membuat saya menangis," ungkapanya dengan menahan tangis.

VIDEO: Hanung Bramantyo Sebut BJ Habibie Anggap Ainun Masih Ada Selama Hidupnya
Dokumentasi MD Pictures
Maudy Ayunda berpose sebagai Hasri Ainun Besari dalam poster film 'Habibie & Ainun 3' yang resmi diluncurkan bersamaan peringatan ulang-tahun ke-82 istri Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie, Minggu (11/8/2019). 

- Sutradara Hanung Bramantyo terlihat menghadiri pemakaman Bacharuddin Jusuf Habibie, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Hanung Bramantyo terlihat hadir bersama istrinya, Zaskya Adya Mecca. Mengenakan kacamata hitam, ia pun sedikit memberikan komentar.

Memang sebelumnya, Hanung menjadi sutradara yang mengangkat cerita kehidupan Bacharuddin Jusuf Habibie ke layar lebar yang bertajuk 'Habibie & Ainun' dan '{Ruddy Habibie}'.

Hanung mengatakan bahwa dirinya tersentuh melihat pria yang akrab disapa Habibie itu, selalu menganggap kalau istrinya, Hasri Ainun Bestari masih hidup.

"Yang saya dengar dan melihat pertama kali itu adalah sikap, saya pernah bersama beliau di rumahnya. Beliau selalu menggunakan syal, saya tanya itu punya siapa dan dijawab beliau, 'ini punya Ainun' seperti itu," kata Hanung Bramantyo.

Hanung menambahkan, ada lagi sikap Presiden Ke-3 Indonesia itu yang membuatnya menangis. Karena, Hanung menganggap Habibi terus mementingkan keluarga.

"Saat sarapan pagi di Jerman saya diundang sama beliau, disampingnya itu ada piring dan kursi kosong. Beliau pun bilang, 'ini kursi dan piringnya ibu Ainun' gitu," ucapnya dengan terbata-bata.

Hati Hanung pun tersentuh dikarenakan, Habibie terus mengedepankan mendiang istrinya, ditengah kesibukan dan menjaga kesehatannya selama ini.

"Beliau itu selalu mentreat bahwa istrinya masih hidup atau ada. Itu yang menurut da membuat saya menangis," ungkapanya dengan menahan tangis.

Kesedihan Hanung itu dikarenakan ia tak menyangka, karena Habibie terus mengagungkan sang istri meskipun sudah meninggal dunia.

"Karena saya bisa sadar bahwa seorang Presiden dan jenius berpikir hanya pekerjaan saja. Tetapi masih memikirkan istrinya walauipuin sudah tidak ada. Itu yang membuat saya tersentuh," ujar Hanung Bramantyo.

Diberitakan sebelumnya, Habibie menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB.

Sebelum meninggal dunia, kondisi tubuh Habibie sempat ngedrop dan dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto beberapa hari lalu.

Setelah berjuang melawan kondisi tubuhnya yang semakin menurun, akhirnya Habibie menghembuskan nafas terakhir di usia 83 tahun. (Arie Puji Waluyo/ARI).

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved