Hukum dan Kriminal

Pungut Tarif Parkir Rp 20.000 di Pameran Flona Lapangan Banteng, Jukir Ini Terancam 3 Bulan Penjara

KASATPOL PP Sawah Besar Jakarta Pusat Sugiarso menyebut bahwa pihaknya telah menangkap juru parkir (jukir) yang memungut parkir sebesar Rp 20.000.

Pungut Tarif Parkir Rp 20.000 di Pameran Flona Lapangan Banteng, Jukir Ini Terancam 3 Bulan Penjara
Istimewa
ILUSTRASI Juru parkir (jukir) 

Pelaku melanggar aturan karena memungut tarif di luar ketentuan, di mana tarif parkir mobil di on street seharusnya minimal Rp 3.000 sampai maksimal Rp 15.000.

KASATPOL PP Sawah Besar Jakarta Pusat Sugiarso menyebut bahwa pihaknya telah menangkap juru parkir (jukir) yang memungut parkir sebesar Rp 20.000.

Pelaku yang diketahui berinisial MM (40) melakukan aksinya itu saat digelarnya Pameran Flora dan Fauna 2019, di Lapangan Banteng, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat

"Saat terima laporan tersebut, kami langsung mencari pelaku. Akhirnya kami dapati saat sedang bertugas menjadi jukir," kata Sugiarso, ditemui di Kantor Kecamatan Sawah Besar, Rabu (11/9/2019).

Polres Pelabuhan Tanjung Priok Ungkap Sindikat Pemalsu Buku Kir untuk Truk Angkutan Barang

Satpol PP Segel Sebuah Kostel di Setu Kota Tangerang Selatan, Diduga Salahi Aturan Perizinan

Pihaknya, lanjut Sugiarso, langsung melakukan pemeriksaan kepada pelaku. Menurut pelaku ia meminta Rp 20.000 agar tidak perlu lagi memintanya saat kendaraan ke luar parkir.

"Tapi hal tersebut melanggar Perda 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum Pasal 10 yang berbunyi 'Setiap orang atau badan dilarang memungut uang parkir di jalan-jalan ataupun di tempat-tempat umum, kecuali mendapatkan izin dari Gubernur atau pejabat yang ditunjuk'," kata Sugiarso.

BJ Habibie Meninggal Dunia, Wahidin Ajak Masyarakat Banten Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Tersandung Saat Menyeberang Rel di Penjaringan, Seorang Guru Ngaji Tewas Mengenaskan Dihajar KA

Pelaku, lanjutnya melanggar karena memungut tarif di luar ketentuan, di mana tarif parkir mobil di on street minimal Rp 3.000 sampai maksimal Rp 15.000.

Sedangkan sepeda motor minimal Rp 2.000 dan maksimal Rp 6.000.

"Pelaku juga ternyata baru bertugas dan belum memiliki surat tugas. Ancaman kurungan 20 hari sampai 90 hari atau denda Rp 500.000 dan maksimal Rp 30 juta," katanya.

Pelaku akan disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Jumat (13/9/2019) besok.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved