BJ Habibie Meninggal Dunia

MAHFUD MD Bongkar Peristiwa Politik Mei 1999, Habibie Korbankan Hak Jadi Presiden 4 Tahun Demi Ini

Mahfud MD akhirnya mengungkap rahasia politik terkait BJ Habibie yang terjadi tahun 1999 setelah reformasi, Presiden Soeharto terguling.

MAHFUD MD Bongkar Peristiwa Politik Mei 1999, Habibie Korbankan Hak Jadi Presiden 4 Tahun Demi Ini
Tribunnews Kompas.com
Kolase Mahfud MD BJ Habibie 

Mahfud MD akhirnya mengungkap rahasia politik terkait BJ Habibie yang terjadi tahun 1999 setelah reformasi, Presiden Soeharto terguling.

Ketua Mahkamah Konstitusi 2008-2013 Mohammad Mahfud MD akhirnya membongkar peristiwa politik tahun Mei 1999 yang terkait dengan Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie

Seperti diketahui, BJ Habibie jadi Presiden pada Mei 1998 setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri karena desakan rakyat Indonesia.

BJ Habibie di mata Mahfud MD adalah sosok negarawan yang berotak cerdas, berjiwa kesatria, dan sang relijius.

Menurut Mahfud MD, BJ Habibie rela mengorbankan haknya sebagai Presiden yang seharusnya bisa berkuasa minimal 4 tahun.

Tetapi, kata Mahfud MD, demi bangsa dan negara dia rela hanya berkuasa sekitar satu tahun dan kemudian menggelar Pemilu demokratis pertama tahun 1999 untuk memilih wakil rakyat dan Presiden baru.

"Sebenarnya menurut konstitusi BJ Habibie berhak menjabat Presiden sampai tahun 2003. Tapi dia segera mengumumkan diadakannya Pemilu demokratis agar rakyat memilih Wakil Rakyat dan Presiden baru," ujar Mahfud MD di akun twitternya, Kamis (12/9/2019).

VIDEO: Penjelasan Gisella Anastasia Soal Video di Klab Malam Bersama Pria

Mahfud MD menambahkan, "Dia hanya memilih menjadi Presiden yang bisa mengantarkan pemilu agar rakyat memilih pemimpinnya."

Bukan itu saja, meski berpeluang besar untuk dipilih kembali menjadi Presiden oleh MPR pada tahun 1999, BJ Habibie memilih bersikap kesatria dengan tidak mau mencalonkan diri.

BJ Habibie tidak mau mencalonkan diri karena pertanggungjawabannya sebagai Presiden ditolak oleh MPR terkait referendum di Timor Timur yang menyebabkan provinsi Indonesia itu lepas dan menjadi negara merdeka.

Cucu BJ Habibie Melanie Subono Geram Eyangnya Disebut Meninggal: Terkutuklah Kalian!

Melanie Subono Pernah Menolak Keinginan BJ Habibie, Permintaan Apakah Itu?

Berotak Jerman Berhati Mekkah

Halaman
1234
Penulis: Desy Selviany
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved