Rusuh Papua

Tugas Bappenas Tambah Lagi, Setelah Pindahkan Ibu Kota, Kini Harus Bangun Istana Presiden di Papua

MENTERI PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, biaya pembangunan Istana Kepresidenan di Papua segera dianggarkan oleh pemerintah.

Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro 

MENTERI PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, biaya pembangunan Istana Kepresidenan di Papua segera dianggarkan oleh pemerintah.

"Ya nanti anggaran bisa disiapkan untuk 2020, ya sesuai kebutuhan aja," ujar Bambang Brodjonegoro di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, pembangunan Istana Kepresidenan di tanah Papua pastinya akan dikaji terlebih dahulu, untuk mengetahui nilai dana yang dibutuhkan dan terkait desainnya.

BREAKING NEWS: Jokowi Janji Bangun Istana Presiden di Papua Tahun Depan

"Kan cuma bikin Istana, tapi detailnya saya tidak tahu."

"Kalau bangun Istana nanti ya dibangun, tidak masalah," tuturnya.

Dengan pembangunan Istana Presiden di Papua, tugas Bappenas bertambah, setelah Jokowi memastikan bakal memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbisik-bisik dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, sebelum menyetujui pembangunan Istana di Papua.

Jokowi Janji Segera Pekerjakan Seribu Sarjana Asal Papua di BUMN dan Perusahaan Swasta Besar

Pembangunan Istana merupakan permintaan dari para tokoh Papua yang disampaikan saat melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi.

"Dengan kebijakan memindahkan Istana ke Kalimantan, saya juga minta dengan hormat untuk membangun Istana Presiden Republik Indonesia di Papua," ujar Abisai Rollo, perwakilan tokoh Papua di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

 BREAKING NEWS: Tokoh Papua Minta Jokowi Bangun Istana Presiden di Jayapura

Saat menjawab permintaan pembangunan Istana di Papua, Jokowi mengatakan memiliki tanah di Papua merupakan hal yang sulit.

"Ini kan di sana yang sulit tanahnya, ini tanahnya tadi sudah disediakan benar? 10 hektare gratis?," tanya Jokowi ke Abisai, yang dijawab gratis untuk pemerintah.

"Gratis? 10 hektare benar? Sudah ada?" Tanya Jokowi untuk meyakinkan dirinya, dan dijawab telah disediakan oleh Abisai.

 ISI Lengkap Pidato Kontemplasi SBY, Sebut Kasih Sayang dan Rasa Persaudaraan Indonesia Lampu Kuning

"Hari ini de facto sudah diserahkan?" sambung Jokowi.

Setelah mendapatkan kepastian telah disediakan tanah seluas 10 hektare dengan gratis, Jokowi langsung berbisik-bisik terlebih dahulu dengan Pratikno yang berada di sebelah kanannya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved