SINDIKAT Pemalsu Buku KIR Beraksi Selama Setahun, Polisi Sebut 500 Buku KIR Palsu Berhasil Diedarkan

AKBP Reynold Hutagalung menyebut ada 500 buku KIR palsu sudah diedarkan oleh pelaku sindikat pemalsu buku KIR

SINDIKAT Pemalsu Buku KIR Beraksi Selama Setahun, Polisi Sebut 500 Buku KIR Palsu Berhasil Diedarkan
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Barang bukti buku KIR palsu yang diamankan Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (11/9/2019). 

Aparat kepolisian Polres Pelabuhan Tanjung Priok baru saja menangkap sindikat pemalsu buku kartu uji berkala atau KIR yang diedarkan untuk truk angkutan barang.

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Reynold Hutagalung menyebut ada 500 buku KIR palsu sudah diedarkan oleh pelaku sindikat pemalsu buku KIR selama beroperasi sejak setahun terakhir.

"Dari pengakuan tersangka sudah 500 truk beroperasi berbuku KIR palsu ini," ujarnya AKBP Reynold Hutagalung kepada awak media, Rabu (11/9/2019).

 Indonesia Incar Poin di Nomor Tunggal di Piala Davis

 Agensi Bantah Rumor Honey Lee Putus dari Yoon Kye Sang

 KPK Nyatakan Firli Bahuri yang Kini Capim KPK Lakukan Pelanggaran Berat, Ini Daftar Pelanggarannya

Dia mengatakan, ratusan buku KIR palsu itu diedarkan kepada pemilik atau sopir truk angkutan yang tidak mengikuti uji kelayakan kendaraan secara resmi.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan, konsumen buku KIR palsu tertarik membeli meskipun tarif yang dibanderol Rp 300 ribu karena mudah tanpa memakan waktu yang lama.

"Kenapa mahal, karena ini tidak perlu pengecekan. Ini kendaraannya tidak perlu dibawa seperti saat uji kelayakan resmi," imbuhnya.

Sementara, Kepala Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP-PKB) Cilincing, Bernad Oktavianus menambahkan padahal dalam sehari, pihaknya bisa menerbitkan 200 buku KIR resmi.

Meski begitu, terkait masih adanya konsumen buku KIR palsu disinyalir lantaran mereka enggan menunggu proses uji kelayakan.

"Ya itu, mungkin mereka mau pergi ke luar kota, buru-buru, jadi mungkin mereka tertarik pakai aja itu (KIR palsu) dulu," tutur Bernad.

Halaman
1234
Penulis: Luthfi Khairul Fikri
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved