Percepat Penerbitan KIA, Dinas Dukcapil dan Jajaran Rangkul Sekolah-sekolah

Percepat Penerbitan KIA, Dinas Dukcapil dan Jajaran Rangkul Sekolah-sekolah

Percepat Penerbitan KIA, Dinas Dukcapil dan Jajaran Rangkul Sekolah-sekolah
WartaKota/Junianto Hamonangan
Sudin Dukcapil Jakut membuka layanan kependudukan di SDI Al Islamiyah, RW 03 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (18/7/2019). 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta terus berupaya melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi seluruh anak-anak di Jakarta.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Dhani Sukma, mengatakan, bekerja sama dengan sekolah untuk melakukan proses pencetakan hingga pendistribusian KIA.

“Jadi di samping spot layanan di ruang publik, kita juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk kita cetak, kita distribusikan,” kata Dhani, Rabu (11/9/2019).

Melayat di RSPAD Gatot Subroto, Hanung Bramantyo Terisak Saat Melihat Jenazah BJ Habibie

Dimanfaatkan PKL dan Parkir Liar, Petugas Gabungan Kota Tangerang Pasang Barier Beton

Pameran Properti Terbesar dan Ikonik di Bekasi, RumahHokie Fair 2019, Dibuka Hingga Pekan Depan

Sementara kerja sama dengan sekolah terkait urusan KIA bukannya tanpa masalah. Kendala itu ada hubungannya dengan urusan domisili anak yang bersangkutan.

“Hanya persoalan di sekolah itu kan banyak anak yang sekolah di sana tapi domisilinya bukan di sana,” katanya.

Namun demikian urusan pencetakan KIA di Jakarta hingga saat ini tidak ada masalah dan mampu meraih pencapaian yang telah ditargetkan.

“Tapi secara umum semua sudah berjalan sesuai target yang ditetapkan dari angka satu juta di tahun 2019 ini,” ungkapnya.

Dhami mengklaim, telah mencetak sebanyak 1,8 juta keping KIA bagi seluruh anak-anak di Jakarta. “Alhamdulillah dari 3 jutaan anak, sudah tercapai 1,8 juta yang sudah cetak,” kata Dhani, Rabu (11/9/2019).

Jakpro Pastikan Akan Melanjutkan Proyek Jakarta International Stadium

Anies Baswedan Sebut Media Massa Utang Budi Kepada BJ Habibie

Lukas Graham Siap Tampil Di Indonesia Lewat Konser The Purple Asian Tour Live In Jakarta 2019

Pencapaian itu bisa terlaksana karena adanya upaya dari Dinas Dukcapil DKI Jakarta memberikan layanan statis seperti bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit tertentu. “Disamping layanan statis, kita juga melakukan layanan dinamis. Makanya kita melakukan layanan jemput bola,” kata Dhani.

Kegiatan layanan jemput bola yang dimaksud yakni di ruang publik masyarakat seperti di RPTRA, Balai RW hingga saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

Potensial

Suku Dinas Dukcapil Jakarta Timur telah mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 399.939 keping. Ratusan keping KIA itu sudah didistribusikan ke seluruh wilayah di Jakarta Timur.

Sidang Kasus Penipuan Alkes Senilai Rp 16 Miliar Keluarga Korban Teriak Minta Uang Dikembalikan

Bertemu Anggota DPR, Achmad Budiarto Sebut Dana Pemerintah untuk Bulu Tangkis Tidak Ada

BJ Habibie akan Dimakamkan di Samping Sang Istri

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Timur, Sukma Wijaya, mengatakan, jumlah paling banyak terdistribusi di Jakarta Timur berada di Kecamatan Cakung dengan 68.355 keping. Disusul Kecamatan Duren Sawit dengan 52.010 keping.

Sementara itu, lanjut Sukma, potensi KIA yang ada di wilayah Jakarta Timur jumlahnya masih sangat besar. Sehingga masih ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

“Potensi penerima KIA di Jakarta Timur ada 859.400 anak dengan kategori di bawah usia 17 tahun,” ungkapnya. Dengan demikian masih ada 459.461 anak yang belum mendapat KIA. Sukma mengatakan akan terus berusaha mencetak KIA bagi anak-anak bekerja sama dengan sekolah-sekolah.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved