Bupati Tangerang Mewanti-wanti Pemilihan Kepala Desa di 153 Desa Pada 1 Desember Rawan Konflik!

Konflik antara pendukung seperti itu, lalu, mungkin money politic di sana. Hal-hal itu sudah kita antisipasi, tinggal kita lihat perkembangan situasi

Bupati Tangerang Mewanti-wanti Pemilihan Kepala Desa di 153 Desa Pada 1 Desember Rawan Konflik!
Wartakotalive.com/Zaki Ari Setiawan
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di kawasan The Breeze BSD, Cisauk, Kabupaten Tangerang, Rabu (11/9/2019). 

Sebanyak 153 desa yang tersebar di 28 kecamatan di wilayah Kabupaten Tangerang yang akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades), terbilang rawan konflik.

Hal itu disampaikan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar setelah pihaknya melakukan pemetaan terhadap 153 daerah yang akan melaksanakan Pilkades pada 1 Desember 2019 mendatang.

“Dari hasil pemetaan, semua punya potensi (rawan konflik). Tapi nanti kita lihat perkembangannya,” tutur Zaki di kawasan The Breeze BSD, Cisauk, Kabupaten Tangerang, kepada Wartakotalive.com, Rabu (11/9/2019).

Zaki menjelaskan, konflik yang berpotensi rawan terjadi beraneka ragam. Di antaranya adalah benturan antara pendukung calon kepala desa hingga permainan politik uang.

“Konflik antara pendukung seperti itu, lalu, mungkin money politic di sana. Hal-hal itu sudah kita antisipasi, tinggal kita lihat perkembangan situasi terakhir saja,” paparnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah setempat berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk menjaga stabilitas daerah-daerah yang menggelar Pilkades.

“Ini kan kerja sama dengan Polres Tangerang Selatan, Polres Metro Tangerang Kota, dan Polresta Tangerang, TNI juga akan dilibatkan,” tuturnya.

Pelaksanaan Pilkades yang akan digelar kurang dari satu bulan ini, kata Zaki, sudah dipersiapkan secara matang sehingga hanya tinggal menunggur proses pemilihannya saja.

Sudah 100 persen

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengatakan, persiapan Pilkades di tempatnya sudah 100 persen sehingga hanya tinggal menunggu proses pemilihan.

“Sudah siap semua, pelaksanaannya nanti tanggal 1 Desember,” ujar Zaki.

Dari 28 kecamatan terdapat beberapa kecamatan yang akan menggelar pilkades dengan jumlah desa terbanyak di antaranya adalah Balaraja, Cisoka, Kemiri, Cikupa, dan Sepatan.

Menurut Zaki, sebelumnya telah dilakukan revisi regulasi beberapa kali untuk mempersiapkan Pilkades ini agar pelaksanaannya kondusif dan jauh dari konflik.

Aparat keamanan yang bertugas di wilayah Kabupaten Tangerang juga sudah dikoordinasikan agar sama-sama menjaga proses tahapan Pilkades yang dilakukan serentak ini.

“Regulasinya beberapa kali revisi tapi sekarang sudah fix semua sudah sesuai, tidak ada regulasi tambahan,” ujarnya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved