BPJS Kesehatan

Tunggak Iuran BPJS Kesehatan Hingga Rp 9 Miliar, Kelurahan Mekarjaya Keluarkan Surat Pemberitahuan

Tunggak Iuran BPJS Kesehatan Hingga Rp 9 Miliar, Kelurahan Mekarjaya Depok Keluarkan Surat Pemberitahuan

Tunggak Iuran BPJS Kesehatan Hingga Rp 9 Miliar, Kelurahan Mekarjaya Keluarkan Surat Pemberitahuan
Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin saat ditemui Warta Kota di Kantor Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Selasa (10/9/2019. 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengeluarkan surat pemeritahuan terkait penunggakan iuran yang dilakukan warga di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Dari surat tersebut diketahui warga Kelurahan Mekarjaya melakukan tunggakan iuran BPJS Kesehatan sebesar Rp 9 miliar.

"Jadi memang kami bikin surat pemberitahuan kepada RW terkait ada beberapa kendala di BPJS Kesehatan," ujar Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin saat ditemui Warta Kota di Kantor Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Selasa (10/9/2019.

Arifin membenarkan, dari data yang dimiliki BPJS Kesehatan sampai dengan akhir Juli 2019, warga tempatnya memimpin telah menunggak hingga Rp 9 miliar.

Atas hal tersebut, Kelurahan Mekarjaya mengeluarkan surat imbauan pada 22 Agustus yang diberikan kepada 31 RW di Mekarjaya untuk disampaikan kepada warga-warga disekitarnya.

"Kami sifatnya hanya mengingatkan, bukan menagih," tutur Arifin.

Dari 73.000 warga Mekarjaya, tercatat sebanyak 60.000 jiwa terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan mandiri, dimana 3.000 diantaranya diketahui telah menunggak iuran.

Sejak dikeluarkannya surat pemberitahuan tersebut, Arifin mengaku hingga kini dirinya baru mendapati 10 RW.

Diketahui, dari 10 RW tersebut, kendalanya macam-macam, ada yang memang lupa membayar, ada juga karena perubahan sosial dari yang mampu membayar sampai akhirnya tidak mampu membayar.

"Ada juga yang memang beralih ke asuransi swasta dan ada yang sudah pindah tempat tinggal di luar Kelurahan Mekarjaya," kata Arifin.

Halaman
123
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved