Cegah Kebakaran Meluas di Kargo Bandara Soekarno Hatta, Relawan Kebakaran Gelar Simulasi

Cegah Kebakaran Meluas di Kargo Bandara Soekarno Hatta, Relawan Kebakaran Gelar Simulas di di Terminal Kargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Cegah Kebakaran Meluas di Kargo Bandara Soekarno Hatta, Relawan Kebakaran Gelar Simulasi
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Suasana pelatihan Balakar di Terminal Kargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (10/9/2019). 

Sejumlah relawan yang tergabung dalam Badan Relawan Kebakaran (Balakar) yang berada di Bandara Soekarno Hatta menggelar simulasi kebakaran di Terminal Kargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (10/9/2019).

Simulasi ini diadakan untuk menguji kesiapan para relawan yang terdiri dari berbagai komunitas yang berada di lingkungan Bandara Soekarno Hatta di antaranya dari kargo, ekspedisi, medis, dan beberapa tim lainnya.

Dalam simulasi itu, kebakaran terjadi di lantai dua area perkantoran kargo Bandara Soekarno Hatta.

Para pegawainya tampak panik dan mencoba menyelamatkan diri.

Para Balakar yang sudah mendapatkan pelatihan mencoba memberikan penanganan awal dengan memanfaatkan hydrant yang berada di area itu.

Seorang Pengendara Mobil Tertimpa Pohon Tumbang Saat Melaju di Jalan Arteri Pondok Indah

Setelah beberapa menit, Satuan Tugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran baru mendatangi lokasi dengan satu unit mobil pemadam kebakaran.

Kabid Keamanan Penerbangan Otoritas Bandara Wilayah I Utama Bandara Soetta, Yufridon Gandoz mengatakan relawan dari Balakar telah menunjukan kesiapannya menangani bencana kebakaran yang dapat terjadi sewaktu-waktu sesuai standar operasional prosedur (SOP).

"Tentunya ini kita lihat standar ini sampai meandapatkan suatu hal yang baik dan rekan-rekan tim Balakar sendiri yang ikut menunjukan apa yang tadi dari awal sampi proses selesai semua terlaksana dengan baik," kata Gandoz seusai simulasi.

Senior Manager of Airside Operation & ARFF Bandara Soekarno Hatta, Indra Gunawan menjelaskan, kehadiran Balakar untuk mengantisipasi api menyebar.

Pengemudi Suzuki Ertiga Tabrak Lima Motor dan Sebuah Mobil Boks di Lenteng Agung

"Kalau tim PK PPK akan datang butuh waktu sampai 10 menitan karena jarak, kalau Balakar sengaja kami bentuk untuk mengantisipai kejadian api tidak membesar," ujar Indra.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang mengatakan, pelatihan ini digelar dengan harapan para relawan dapat memberikan pengetahuan tentang pencegahan dan penanggulangannya, sehingga dapat meminimalisir resiko kebakaran, kerugian materi atau pun korban jiwa.

“Kegiatan sebelumnya biasanya dilakukan di Terminal 1,2 dan 3. Kali ini kami menggelarnya di Kargo sebagai langkah strategis kami agar seluruh pihak, mulai dari pegawai, mitra usaha, dan mitra lingkungan dapat memiliki tanggung jawab bersama," ungkap Febri.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved