TPA Bantargebang

Bantargebang Milik DKI Jakarta Jadi Sorotan Dunia, Begini Sejarah Awalnya

Bantargebang Milik DKI Jakarta Jadi Sorotan Dunia, Begini Sejarah Awalnya

Bantargebang Milik DKI Jakarta Jadi Sorotan Dunia, Begini Sejarah Awalnya
Instagram @natgeo
Seorang pemulung sedang bekerja di TPA Bantargebang, Bekasi 

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang milik Pemprov DKI Jakarta di Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi ini menjadi sorotan dunia.

Setelah adanya unggahan National Geographic tentang TPST Bantargebang, apalagi TPST Bantargebang disebut-sebut menjadi lokasi pembuangan sampah terbesar di dunia.

Atas postingan National Geographic itu pada akun instagram resminya @natgeo, aktor dunia Leonardo DiCaprio memposting ulang unggahan foto gunungan sampah dari seluas 110 hektare.

Pemeran Jack dalam film Titanic yang juga pegiat lingkungan Leonardo Dicaprio menyebut bahwa TPA Bantargebang terbesar di dunia.

"Pemulung sedang mengumpulkan plastik dari sampah rumah tangga di tempat pembuangan Bantar Gebang, Jakarta, Indonesia. Tempat ini dianggap sebagai tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Januari 2019." Tulisnya di Instagram @leonardodicaprio.

Leonardo DiCaprio Soroti TPST Bantargebang, TPA Terbesar di Dunia, Milik Pemprov DKI Jakarta

Persoalan sampah di Bantargebang itu ternyata pernah dibahas oleh Sejarahwan Ali Anwar dalam bukunya berjudul "Konflik Sampah Kota".

Dalam bukunya, TPA Bantargebang ada sejak tahun 1985. Lokasinya berada di Kelurahan Cikiwul, Sumurbatu, dan Ciketingudik.

"Ya itu dulunya tahun 1978 lokasi galian-galian untuk proyek properti di Jakarta seperti Sunter Podomoro dan Kelapa Gading," ujar Ali Anwar, kepada Wartakotalive.com, Minggu (8/9/2019).

Adapun lahan itu dimiliki oleh Kurnia seluas 100 hektar dan Zaelani Zein 15 hektar. Atas galian yang begitu besar mereka sempat dituntut untuk melakukan reklamasi atau menutup lubang besar tersebut.

"Tapi pada Pemerintah DKI Jakarta, ketika itu dipimpin Gubernur Soeprapto membeli lahan itu dari dua pemiliknya. Tentu mereka senang dan setuju," kata Ali.

National Geographic Sebut TPA Bantargebang Milik DKI Jakarta Terbesar di Dunia

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved