Demokrasi

Fadli Zon Ungkap Inklusi Keuangan Solusi Ketimpangan untuk Pelaksanaan Ekonomi Berkelanjutan

Faktor penyebab terjadi ketimpangan ekonomi cukup bervariatif, salah satunya akses masyarakat pada lembaga keuangan yang rendah.

Fadli Zon Ungkap Inklusi Keuangan Solusi Ketimpangan untuk Pelaksanaan Ekonomi Berkelanjutan
Warta Kota/Istimewa
Wakil Ketua DPR RI, Dr Fadli Zon MSc, dalam National Statement di World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) ke-3. 

Keuangan inklusif merupakan salah satu solusi untuk mengatasi ketimpangan ekonomi.

Menurut Wakil Ketua DPR RI, Dr Fadli Zon MSc, faktor penyebab terjadi ketimpangan ekonomi cukup bervariatif, salah satunya akses masyarakat pada lembaga keuangan yang rendah.

Demikian salah satu poin yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Dr Fadli Zon MSc, dalam National Statement di World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) ke-3 di Bali, Rabu, 5 September 2019.

WPFSD, tahun ini, mengusung tema “Combating Inequality through Social and Financial Inclusion”.

“Ketimpangan ekonomi jika tak ditangani secara serius, maka akan menekan pertumbuhan ekonomi suatu negara."

"Bahkan, dalam jangka panjang, inequality juga akan mengakibatkan gejolak sosial karena akses dan pemberdayaan masyarakat yang tak merata," katanya.

Anies Baswedan Mendorong Peningkatan Kendaraan Umum dengan Perluasan Ganjil Genap Berlaku Senin

Itu sebabnya, menurut Wakil Ketua DPR ini, DPR RI melalui WPFSD 2019 menekankan pentingnya sinergi antara strategi keuangan inklusif dan strategi pembangunan ekonomi untuk menanggulangi kemiskinan secara lebih luas.

“Bagi negara-negara berkembang, mengatasi ketimpangan ekonomi, tak cukup hanya dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang bergantung pada kinerja industri nasional."

"Sebab, meskipun pertumbuhan ekonomi meningkat, namun kerap tidak berkualitas. Kue ekonomi hanya dinikmati segelintir kelompok."

Karena itu, kata Fadli Zon, bagi negara-negara berkembang, ketimpangan ekonomi juga perlu diatasi dengan sistem keuangan yang inklusif.

Halaman
12
Penulis: Gede Moenanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved